Amerika Serikat Tetap Beri Bantuan Militer kepada Kelompok Teror di Suriah

9 Agustus 2017
Amerika Serikat Tetap Beri Bantuan Militer kepada Kelompok Teror di Suriah

HASAKAH (Jurnalislam.com) – Lebih dari 100 truk yang membawa pasokan AS menyeberang ke wilayah Suriah yang dikendalikan oleh kelompok teror PKK/PYD pada Senin malam (7/8/2017).

Konvoi 112 tanker bahan bakar, truk-truk tertutup dan pengangkut yang membawa Humvee militer diamati oleh koresponden Anadolu Agency saat melewati provinsi Hasakah di Suriah.

AS mengumumkan pada bulan Mei bahwa mereka akan memasok senjata kepada PKK/PYD, afiliasi PKK dari Suriah, yang telah melakukan kampanye teror 33 tahun melawan Turki. PKK terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, AS dan EU.

PKK/PYD saat ini menjadi ujung tombak serangan Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang didukung AS terhadap Raqqah, kubu Daesh di Suriah.

Menurut Pentagon, AS telah memasok senjata ke beberapa kelompok bersenjata di Suriah, termasuk PKK/PYD.

Senjata-senjata tersebut termasuk 12.000 senapan serbu Kalashnikov, 6.000 senapan mesin, 3.500 senapan mesin berat, 3.000 peluncur granat berpelunc roket, 1.000 senjata anti-tank, 235 mortir, 100 senapan sniper serta 450 pasang teropong penglihatan malam hari dan 150 iluminator penerangan.

Sebelum hari Senin, 909 truk AS dikirim ke wilayah PKK/PYD.

AS telah berjanji untuk melacak semua senjata yang dikirim ke PKK/PYD dan berbagi informasi dengan Turki.

Namun, Dewan Keamanan Nasional Turki mengatakan pada bulan Juni bahwa beberapa senjata yang dikirim ke Suriah telah disita dalam penggerebekan terhadap PKK di Turki.