Al-Qaeda Bertanggung Jawab atas Penculikan Warga Australia di Burkina Faso

MALI (Jurnalislam.com) – Sebuah faksi jihad yang terikat tandzim jihad global al-Qaeda telah mengatakan bertanggung jawab atas penculikan beberapa warga Australia bulan lalu di dekat perbatasan Burkina Faso dengan Mali, Aljazeerah melaporkan Sabtu (06/02/2016).

Dr Ken Elliott dan istrinya Jocelyn, yang berusia di 80-an, diculik dari kota utara Djibo pada 15 Januari.

Dalam pesan audio mereka, al-Mourabitoun, sebuah faksi  cabang al-Qaeda di Maghreb Islam (AQIM), pada hari Jumat mengatakan telah memutuskan untuk melepaskan istri Dr. Elliot tanpa syarat.

"Kewajiban agama kita adalah menghormati warga sipil, tidak merugikan perempuan, orang tua dan anak-anak berdasarkan Hadist Nabi dan bimbingan komandan kami," kata pernyataan audio yang dirilis pada channel Telegram resmi AQIM.

Pasangan Australia tersebut tinggal di Djibo sejak tahun 1972, di mana mereka mengoperasikan klinik yang memiliki 120 tempat tidur.

Mereka diculik saat pejuang AQIM menggerebek sebuah hotel dan restoran di ibukota Ouagadougou dalam serangan yang menewaskan sedikitnya 27 orang.

Dalam rekaman audio, al-Mourabitoun mengatakan bahwa mereka bersedia untuk menukar sandera Australia tersebut setelah mereka membebaskan anggotanya yang berada dalam tahanan.

"Motif utama di balik penculikan mereka merupakan upaya pembebasan anggota kita yang ditahan dan menderita sakit di penjara, serta dirampas hak-hak dasarnya," kata rekaman.

Pada tanggal 23 November, al-Mourabitoun mengaku bertanggung jawab atas penyanderaan dan pengepungan sembilan jam di sebuah hotel bintang lima di ibukota Mali, Bamako.

al-Mourabitoun mengatakan telah melakukan serangan, dimana 21 orang tewas, dalam koordinasi dengan kelompok Imarah al-Sahra dan al-Qaeda di Maghreb Islam (AQIM).

Deddy | Al Jazeera | Jurnalislam

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X