Responsive image

Berlanjut Hingga 15 Desember, Inilah Pembahasan Perundingan Suriah Kedelapan

Berlanjut Hingga 15 Desember, Inilah Pembahasan Perundingan Suriah Kedelapan

JENEWA (Jurnalislam.com) – Utusan Suriah PBB pada hari Kamis (30/11/2017) mengatakan putaran kedelapan perundingan perdamaian di Jenewa akan berlanjut sampai pertengahan bulan depan.

Perundingan Suriah yang berlangsung di Jenewa yang dimulai pada 28 November akan berlanjut sampai 15 Desember, Staffan de Mistura mengatakan dalam sebuah konferensi pers di PBB di Jenewa, lansir Anadolu Agenncy.

Akan ada istirahat sejenak untuk akhir pekan dan pembicaraan akan dilanjutkan pada hari Selasa, 5 Desember, ia menambahkan.

De Mistura mengadakan pertemuan “terpisah tapi bersamaan” pada hari Kamis dengan delegasi dari rezim Suriah dan oposisi selama putaran kedelapan perundingan perdamaian Suriah di PBB di Jenewa.

Pada kedua pertemuan tersebut, Mistura mengatakan kepada para delegasi tersebut, “Hari ini kita mengadakan pertemuan yang lebih maju dan formal, karena kita memiliki apa yang kita sebut ‘pertemuan paralel jarak dekat’.”

Putaran Kedelapan Perundingan Damai Suriah, Oposisi: Hapus Assad dalam Daftar Pemilihan Baru

PBB mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pada kedua pertemuan tersebut, Mistura berbicara mengenai apa yang disebut “empat keranjang” untuk didiskusikan dengan kedua belah pihak: sebuah konstitusi, pemerintahan, pemilihan, dan pemberantasan terorisme baru, dan isu-isu tahanan, penculikan, dan orang-orang yang hilang, bersamaan dengan kebutuhan akan akses kemanusiaan penuh di wilayah yang terkepung atau sulit dijangkau, seperti Ghouta Timur.

“Kami memiliki pertemuan paralel yang sangat dekat antara dua pihak. Sebenarnya saya telah mondar-mandir dengan rekan-rekan saya di antara dua ruangan, yang pada dasarnya berjarak 5 meter,” kata Mistura kepada wartawan.

Ini berarti bahwa kedua partai bertemu di ruang terpisah yang berdekatan, sehingga mediator PBB tersebut dapat bolak-balik ke kedua ruangan.

Setelah pertemuan hari ini, Yahya Aridi, juru bicara Komisi Negosiasi Suriah (the Syrian Negotiation Commission-SNC), mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Kami telah melakukan diskusi yang baik dengan Utusan Khusus Staffan de Mistura tentang jalan menuju kemajuan dalam perundingan Jenewa.”

“Kami siap untuk tetap terlibat dalam pembicaraan selama diperlukan,” tambahnya.

Bagikan
Close X