ACT Siapkan Ribuan Paket Pangan dan Peralatan Musim Dingin untuk Pengungsi Suriah

ACT Siapkan Ribuan Paket Pangan dan Peralatan Musim Dingin untuk Pengungsi Suriah

JAKARTA(Jurnalislam.com) – Perang Suriah telah terjadi sejak Maret 2011 dan telah menewaskan ratusan ribu jiwa warganya.

Dilansir dari United Nations Office for The Coordination of Humanitarian Affairs (UN OCHA) dan Jaringan Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SNHR) korban jiwa sejak tahun 2011-2019 adalah sebanyak 380.636 jiwa dan warga yang eksodus keluar Idlib dari Desember 2019-Januari 2020 sebanyak lebih dari 350 ribu jiwa.

Lembaga kemanusiaan asal Indonesia, Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyatakan bahwa tragedi kemanusiaan masih terus berlangsung hingga kini.

Head of Global Humanity Response (GHR)-ACT Bambang Triyono mengatakan bahwa saat ini, musim dingin yang mencapai 4 derajat celcius yang berdampak kepada rentangnya kesehatan para pengungsi.

“80% pengungsi adalah perempuan dan anak-anak. Beberapa keluarga berlindung di masjid atau sekolah, namun ada pula yang di tenda dekat dengan perbatasan,” kata dia, Jumat (17/1/2020) di Jakarta.

Terkait dengan kondisi yang terjadi di Suriah kini,  ACT tengah menyiapkan 1000 paket pangan, 2000 paket roti, peralatan musim dingin (pakaian hangat, selimut, bantal, kasur, bahan bakar, dll), emergency house seluas 24 m², dan 10 unit bus yang bersiaga untuk memobilisasi eksodus penduduk jika terjadi serangan.

“Hingga saat ini, tidak hanya di Indonesia kami pun terus bekerjasama dengan seluruh elemen masyarakat global dalam aksi serta program kemanusiaan yang terencana, terukur, serta tepat sasaran,” tambahnya.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X