Responsive image

5 Warga Sipil Tewas oleh Serangan Udara Rusia di Idlib

5 Warga Sipil Tewas oleh Serangan Udara Rusia di Idlib

IDLIB (Jurnalislam.com) – Setidaknya lima warga sipil tewas dalam serangan serangan udara pasukan Rusia baru di zona de-eskalasi Idlib, Suriah pada Rabu (22/1/2020). Menurut kelompok pertahanan sipil Suriah, Anadolu melaporkan.

Observatorium pesawat oposisi Suriah mengatakan, Rusia menargetkan distrik Ma’arrat al-Numan, kota Kafr Rumah, desa Serce serta distrik Atarib di Aleppo.

Sementara jet Rusia melakukan serangan udara, pasukan rezim Assad menyerang desa-desa di Idlib selatan.

Kelompok pertahanan sipil The White Helmet mengumumkan bahwa empat warga sipil tewas akibat serangan udara dan satu orang tewas oleh tembakan artileri rezim.

Kelompok-kelompok itu mengatakan operasi pencarian dan penyelamatan masih berlanjut di wilayah itu dan dikhawatirkan jumlah kematian akan meningkat.

Sebelumnya, pada Selasa (21/1/2020), pesawat tempur Rusia melakukan serangan udara di zona de-eskalasi dan menewaskan 26 warga sipil.

Turki telah mendorong keras untuk gencatan senjata di Idlib setelah wilayah itu diserang selama berbulan-bulan oleh pasukan setia Bashar al-Assad dan sekutunya. Hal itu membuat 1 juta sipil melarikan diri ke perbatasan Turki.

Turki dan Rusia sepakat pada September 2018 untuk mengubah Idlib menjadi zona de-eskalasi di mana tindakan agresi secara tegas dilarang.

Namun, Rusia dan Rezim terus melanggar zona itu dan telah membunuh lebih dari 1.300 warga sipil.

Sumber: Anadolu Agency

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X