5 Permainan Tradisional yang Bisa Dicoba Saat Liburan Keluarga

5 Permainan Tradisional yang Bisa Dicoba Saat Liburan Keluarga

Aktivitas liburan bersama keluarga bisa kamu buat lebih seru dengan mencoba permainan tradisional Indonesia dengan mengajak seluruh anggota keluarga

Liburan bersama keluarga adalah agenda paling menyenangkan yang selalu dinanti-nanti. Saat liburan bersama, aktivitas apa yang paling kamu lakukan? Pernahkah kamu mencoba untuk nostalgia permainan tradisional saat liburan? Belakangan, permainan tradisional semakin jarang ditemukan dan malah mulai dilupakan.

Sambil liburan, kamu bisa mencoba permainan tradisional dengan keluarga. Jika sudah penat dengan hiruk pikuk tempat tinggalmu, pesan saja tiket pesawat untuk perjalanan domestik yang menyenangkan. Beli saja tiket Sriwijaya lebih murah di Traveloka untuk bertemu dengan semua sanak saudara kamu. Nah, ini dia permainan tradisional yang bisa kamu coba saat liburan bersama keluarga.

  1. Gobak Sodor

Permainan ini bisa dimainkan dengan jumlah minimal peserta sebanyak dua orang. Namun, lebih banyak peserta akan membuat sesi permainan jadi lebih seru dan menyenangkan. Di Jawa Barat, permainan ini juga dikenal dengan nama bebentengan. Setiap kelompok berdiri berhadapan untuk menjaga ‘benteng’ masing-masing. Setelah itu, kamu harus berlarian untuk dapat saling mengejar ke arah benteng lawan.

  1. Engklek

Permainan ini sangat unik dan mudah disukai oleh semua orang. Belum lagi, jika kamu mengajak anak-anak kecil bermain. Mereka bisa bergerak aktif mengikuti kotak-kotak yang digambar pada permukaan tanah atau aspal. Biasanya, kotak-kotak untuk bermain engklek digambar menggunakan kapur. Namun, kamu juga bisa mengakalinya dengan membentuk kotak-kotak dari tali. Tidak ada alasan untuk menunda kamu dan keluarga untuk bermain bergantian.

  1. Ular Naga Panjang

Permainan Ular Naga Panjang ini sangat mudah dilakukan di mana saja dan kapan saja. Untuk bermain, kamu harus menentukan dua orang untuk menjadi penjaga, lalu sisanya bisa berjalan melewati penjaga sambil bernyanyi bersama. Nyanyian Ular Naga Panjang ini membuat permainan jadi semakin seru karena iramanya bisa diubah sesuka hati para pemain. Saat lagu selesai, penjaga harus menangkap satu orang untuk keluar dari barisan.

  1. Lompat Tali

Nah, permainan satu ini membutuhkan sedikit dukungan alat agar kamu bisa bermain dengan keluarga. Tidak hanya seru, permainan ini juga melatih ketangkasan kamu untuk melompat pada waktu yang tepat. Keunikan permainan ini justru terletak juga pada pembuatan talinya. Iya, tali yang digunakan untuk lompat bisa kamu buat dari karet yang ujungnya diikat dan dikaitkan menjadi sebuah untaian panjang.

  1. Petak Umpet

Permainan satu ini mungkin paling populer dan tidak asing untuk seluruh anggota keluarga. Meski permainan ini dikenal juga di seluruh dunia, ternyata petak umpet adalah permainan tradisional Indonesia. Petak umpet disukai banyak orang karena mudah dan praktis untuk dimainkan kapan saja, asalkan ada lokasi untuk bersembunyi.

Tantangan untuk penjaga yang harus mencari pemain lain yang sembunyi adalah waktu. Biasanya, agar pencarian pemain tidak berlangsung terlalu lama, permainan ini akan dimodifikasi dengan pembatasan waktu tertentu. Jadi, kalau tidak berhasil menemukan semua peserta, penjaga harus kembali berjaga lagi.

Kamu tinggal menyesuaikan permainan yang sekiranya cocok untuk dimainkan bersama anggota keluargamu. Semua permainan tradisional ini harus dilakukan di luar ruangan sehingga suasana hangat akan lebih ramai dan menyenangkan.

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.