Responsive image

3 dari 5 Jembatan Sungai Tigris Kota Mosul Direbut Pasukan Irak, 100.000 Warga Mengungsi

3 dari 5 Jembatan Sungai Tigris Kota Mosul Direbut Pasukan Irak, 100.000 Warga Mengungsi

MOSUL (Jurnalislam.com) – Pasukan Irak yang memerangi kelompok Islamic State (IS) di Mosul, pada hari Rabu (15/03/2017) menguasai Jembatan Besi (Iron Bridge) yang menghubungkan sektor timur dengan Kota Tua yang dikuasai IS, kata polisi federal, lansir Al Arabiya News Channel.

Polisi federal dan unit Rapid Response Kementerian Dalam Negeri merebut jembatan, pernyataan polisi mengatakan, mengutip seorang komandan. Pemerintah sekarang menguasai tiga dari lima jembatan yang melintasi sungai Tigris yang membagi Mosul.

Hampir 100.000 warga Irak telah melarikan diri dari pertempuran untuk merebut kembali barat Mosul dari IS, Organisasi Internasional untuk Migrasi (the International Organization for Migration-IOM) mengatakan pada hari Rabu.

Pasukan Irak meluncurkan serangan besar bulan lalu untuk merebut kembali barat Mosul, yang merupakan daerah perkotaan terpadat yang masih dipegang oleh IS, dengan perkiraan dihuni 750.000 warga ketika pertempuran dimulai.

Antara 25 Februari dan 15 Maret, lebih dari 97.000 orang telah mengungsi dari Mosul barat, IOM mengatakan di akun resmi Twitter-nya.

Warga mengungsi dari kawasan al-Nasser Mosul dan mengevakuasi daerah tersebut pada tanggal 14 Maret 2017, saat pasukan Irak terus maju dalam kota memerangi IS. (AFP)

Angka ini menandai peningkatan dari sekitar 17.000 pengungsi yang dirilis IOM beberapa hari sebelumnya, meskipun angka ini tidak selalu menunjukkan bahwa mereka semua itu melarikan diri dalam 24 jam terakhir.

Menurut IOM, lebih dari 238.000 orang saat ini mengungsi karena pertempuran di daerah Mosul, sementara lainnya melarikan diri tetapi kemudian kembali ke rumah mereka.

Bagikan
Close X