15 Pasukan Syiah Houthi Tewas Dalam Serangan Al Qaeda di Bayda, Yaman

YAMAN (Jurnalislam.com) – Kelompok al-Qaeda di Yaman tengah menyerang pemberontak  Houthi. Pertempuran di timur ibukota Sanaa tersebut menewaskan setidaknya 15 tewas, Al Jazeera melaporkan.

Para pejabat mengatakan pertempuran yang terjadi di kota Radaa di provinsi Bayda tengah tersebut pecah pada hari Senin (09/03/2015) setelah para mujahidin  al-Qaeda menyerang tiga posisi Syiah Houthi, dan menewaskan tujuh orang.

Di kota Bayda, dua pemberontak Houthi tewas ketika mobil mereka menjadi sasaran saat mereka berpatroli keliling kota. Enam pembunuhan lain dilaporkan di Hajaf dan Jardaa oleh suku setempat.

Tahun lalu, Houthi menyapu turun dari utara dan menguasai Sanaa, sebuah langkah yang memicu meluasnya peperangan di selatan negara Semenanjung Arab tersebut.

Al-Qaeda Cabang Yaman, yaitu Al-Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP), sejak itu meningkatkan serangan mereka terhadap sekte Syiah Houthi.

Pekan lalu, seorang pembom istisyhad menargetkan pintu gerbang markas Houthi di Bayda, dan menewaskan delapan pasukan Houthi. Bentrokan di tiga lokasi terpisah lainnya menewaskan sedikitnya 25 pemberontak Houthi dan tujuh mujahidin al-Qaeda gugur.

Pada hari Ahad (08/03/2015), lima orang tewas dalam bentrokan antara satu suku pro-Houthi dan satu suku penentang, di Maarib, provinsi timur Sanaa.

Pada bulan Januari pemberontak Houthi membubarkan parlemen Yaman dan menyatakan Komite Revolusioner mereka sebagai badan politik tertinggi di negara itu.

Namun otoritas mereka tidak mencakup wilayah independen di selatan Yaman atau ke wilayah timur yang tidak terjangkau oleh hukum, di mana para mujahidin Sunni al-Qaeda telah lama mempertahankan wilayah mereka di sana meskipun digempur serangan pesawat AS dan operasi militer Yaman.

Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi melarikan diri ke kota selatan Aden bulan lalu, dan mengatakan bahwa ia masih merupakan pemimpin sah negara Yaman.

 

Deddy | Aljazeera | Jurniscom

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.