Warga Gunung Kidul Mengaku Kesulitan Akses Air Bersih

Warga Gunung Kidul Mengaku Kesulitan Akses Air Bersih

YOGYAKARTA (Jurnalislam.com)– Air bersih menjadi sesuatu yang sangat berharga di Dusun Salam dua Desa Song Banyu Kecamatan Girisubo Gunung Kidul.

 

Kemarau panjang yang sudah berlangsung beberapa bulan terakhir memaksa warga dusun tersebut membeli air dari truk tangki.

 

Menurut warga Paino (70 tahun) mengatakan bahwa kalau musim kemarau, mereka membeli air dari truk tangki yang berjarak kurang lebih 3 Km.

 

Satu truk tangki dengan kapasitas 5000 liter air seharga Rp. 120.000 – 150.000, dan bahkan bisa mencapai Rp. 3.500 perliter jika warga membeli eceran.

 

“Kami membeli air satu tangki seharga 120 ribu rupiah sampai 150 ribu rupiah tergantung antrian” ujar bapak dua anak tersebut.

 

“Kami berharap ada solusi yang tepat dari Pemerintah untuk mengatasi kekurangan air disini”

 

Senada dengan Paino, Kepala Dusun Salam 2, Isnawan berharap Pemerintah bisa proaktif dan memberikan solusi terbaik bagi dusun ini untuk mendapatkan air bersih.

 

“Saya berharap krisis air bersih disini bisa cepat terselesaikan dengan pengadaan air dari pihak terkait  dengan program Pamsimas” ungkapnya kepada, Jurniscom Ahad (15/9/2019)

 

“Semoga di tahun yang akan datang dapat terealisasi program Pamsimas dengan pembukaan pendaftaran peserta baru,” pungkasnya.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X