Responsive image
Responsive image
Responsive image

Warga Bima Gelar Aksi Solidaritas Bela Muslim Uighur

Warga Bima Gelar Aksi Solidaritas Bela Muslim Uighur

BIMA, (Jurnalislam.com) – Ratusan warga Bima turun ke jalan untuk mengikuti aksi damai dan solidaritas untuk kaum muslim di Uighur Xinjiang, China. Acara yang dipelopori Forum Umat Islam Bima (FUI) diikuti oleh Ormas-ormas Islam serta para santri pondok pesantren di kota dan kabupaten Bima.

Acara yang berlangsung  Senin (23/12/2019) itu mengambil rute dari lapangan Sera suba melalui jalan Sultan Kaharudin menuju kantor wali kota Bima.

Ketua FUI Bima, Ustadz Asikin, mengatakan kepada Jurnalislam.com bahwa acara ini adalah bentuk simpatik dan dukungan umat Islam Bima untuk muslim di Uighur, Xinjiang China.

“Aksi ini muncul karena kami umat Islam Bima tidak terima dengan sikap serta perlakuan kaum komunis China yang telah menyiksa serta melarang umat Islam di Uighur untuk melakukan segala bentuk ibadah”.

Kaum muslimin di Uighur adalah juga merupakan saudara kami sesama muslim, apabila mereka terluka, maka seluruh umat Islam juga pasti akan merasakan hal sama.

“Maka oleh karena itu kami mengutuk tindakan kaum komunis China terhadap muslim Uighur, serta meminta umat Islam semuanya harus bangkit untuk melawan tindakan yang dilakukan oleh mereka.

Dalam aksi ini kami meminta kepada pemerintah kota Bima untuk menyampaikan aspirasi kami kepada pemerintah pusat agar meminta pemerintah China untuk segera menghentikan tindakannya kepada umat Islam di Turkistan Timur itu.

Kemudian pemerintah RI juga harus segera menghentikan hubungan bilateral dengan pemerintah China, dan tidak boleh ada hubungan apapun dengan mereka.

Juga kepada seluruh pemimpin dunia Islam agar semuanya bersatu dan bersuara untuk menyelamatkan muslim Uighur dari kebiadaban kaum komunis China.

Di tengah aksi masa aksi juga melakukan pembakaran bendera dan foto presiden China sebagai sebuah bentuk protes atas sikap mereka yg menyiksa kaum muslimin di Uighur.

 

kontributor: saad

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close X