Wapres AS: Kami akan Ambil Tindakan atas Pembunuhan Brutal Khashoggi

Wapres AS: Kami akan Ambil Tindakan atas Pembunuhan Brutal Khashoggi

WASHINGTON (Jurnalislam.com) – Wakil Presiden AS Mike Pence pada hari Selasa (23/10/2018) berjanji bahwa Washington akan mengambil tindakan sebagai tanggapan atas “pembunuhan brutal” kolumnis Jamal Khashoggi.

Pence menyebut hilangnya dan tewasnya Khashoggi sebagai “serangan terhadap pers yang bebas dan independen” dalam sebuah konferensi yang diselenggarakan oleh Washington Post, surat kabar tempat Khashoggi menjadi kolumnis.

“Administrasi kami bertekad untuk menggunakan semua sarana yang kami miliki untuk memperoleh kejelasan itu,” kata Pence.

Setelah menyangkal mengetahui keberadaan Khashoggi selama lebih dari dua pekan, Arab Saudi pada hari Sabtu akhirnya mengatakan dia terbunuh dalam sebuah pertengkaran di dalam konsulat istanbul.

Baca juga: Erdogan: Pembunuh Jamal Khashoggi Rencana Para Pejabat Kerajaan Saudi

Jasadnya belum ditemulan, dan Riyadh juga tidak menjelaskan narasinya tentang apa yang terjadi.

Pence menegaskan bahwa Direktur CIA Gina Haspel sekarang berada di Turki untuk meninjau kembali bukti dalam kasus Khashoggi.

“Kami akan mengikuti fakta. Kami akan menuntut mereka yang bertanggung jawab untuk bertanggung jawab,” katanya.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Selasa pagi meletakkan temuan awal negaranya dalam penyelidikan, mengatakan pembunuhan Khashoggi adalah “direncanakan.”

Erdogan mengatakan semua informasi dan bukti yang telah terungkap menunjukkan Khashoggi adalah korban dari pembunuhan brutal (mutilasi).

Tim Saudi mengeksplorasi Hutan Belgrad Istanbul dan provinsi barat laut Yalova sebelum membunuh Khashoggi, kata Erdogan.

Menanggapi pengumuman Erdogan, Pence mengatakan penilaian Turki “bertentangan dengan pernyataan rezim Saudi yang telah dibuat sebelumnya, dan lagi itu menggarisbawahi tekad pemerintah kita untuk mencari tahu apa yang terjadi di sini.

Baca juga: Begini Narasi Saudi atas Terbunuhnya Khashoggi dari Hari ke Hari

“Dunia sedang menyaksikan. Orang-orang Amerika menginginkan jawaban, dan kami akan meminta jawaban itu segera,” katanya. “Ketika kami menuntut mereka yang bertanggung jawab atas tindakan biadab ini, kami juga akan melakukannya dalam kejelasan, dan dalam konteks kepentingan nasional vital Amerika di kawasan ini.”

Ketika ditanya apakah ia telah melihat intelijen mana pun yang menghubungkan Pangeran Mahkota Saudi, Mohammad bin Salman, dengan penghilangan Khashoggi, Pence mengatakan ia tidak “ingin berbicara tentang intelijen apa pun yang pernah saya lihat.”

“Ketika direktur CIA kembali, dia akan memberi pengarahan kepada presiden, saya dan seluruh tim kami tentang apa yang telah diperoleh di Turki,” katanya. “Saya ingin meyakinkan rakyat Amerika, kita akan sampai ke dasar itu. Pembunuhan brutal terhadap seorang jurnalis, seorang lelaki tak bersalah, seorang kritikus, tidak akan berjalan tanpa respons Amerika, dan tanpa tanggapan internasional. “

Bagikan

One thought on “Wapres AS: Kami akan Ambil Tindakan atas Pembunuhan Brutal Khashoggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X