Ustaz Abdul Rochim Ba’asyir: ‘Ustaz Wahyudin Telah Menyelamatkan Ngruki’

Ustaz Abdul Rochim Ba’asyir: ‘Ustaz Wahyudin Telah Menyelamatkan Ngruki’

CIAMIS (Jurnalislam.com) – Salah satu pengurus Pondok Pesantren Al-Mukmin Ngruki, Ustaz Abdul Rochim Ba’asyir mengungkapkan pandangannya atas sosok Almarhum Ustaz Wahyudin. Menurutnya, Ustaz Wahyudin adalah salah satu pejuang pendidikan dan tarbiyah di Indonesia yang menginspirasi.

“Ustadz Wahyuddin ini adalah salah satu pejuang di dunia pendidikan dan tarbiyah. Luar biasa sekali beliau ini. Beliau memiliki pandangan yang luas terkait dengan dunia pendidikan. Beliau adalah seorang yang mertarbiyah orang lain dari akhlak dan perilakunya. Beliau ini dingin tapi menginspirasi,” kata Ustaz Abdul Rochim kepada Jurnis di komplek Ponpes Nurussalam Cikoneng, Ciamis, Senin (5/8/2019).

Pria yang karib disapa Ustaz Iim ini menilai, Ustaz Wahyudin adalah sosok penting di balik keberhasilan Ponpes Al-Mukmin Ngruki. Di bawah kepemimpinannya, Ponpes Al-Mukmin Ngruki mampu bertahan dan berkembang dengan baik kendati kerap mendapat tudingan negatif karena keteguhannya dalam berdakwah.

“Itu (Ngruki) termasuk bagian besutan tangan dingin beliau. Beliau bisa membantah semua tudingan itu dengan sikap yang baik yang membuat semua tudingan tersebut tidak terbukti. Itu adalah sebuah upaya siyasah yang sangat dalam yang tidak dimiliki sosok lainnya,” papar ustaz Iim.

Ustaz Iim mengungkapkan, Ponpes Al-Mukmin pernah dihadapkan dengan situasi yang berat pada tahun 1995. Namun, lanjutnya, sikap Ustaz Wahyudin saat itu telah menyelamatkan pondok yang berumur hampir setengah abad itu.

“Sikap beliau yang paling dirasakan adalah ketika perpecahan pada tahun 1995, itu situasi yang sangat berat sekali. Atas keputusannya, beliau saat itu dihujat habis-habisan. Namun pada akhirnya kita semua mengetahui bahwa keputusannya ketika itulah justru telah menyelamatkan Ngruki,” tutupnya. 

Ustaz Wahyudin wafat di RS PKU Muhammadiyah Surakarta pada Ahad (4/8/2019) pukul 15.30 WIB. Setelah dishalatkan di Masjid Al-Mukmin Ngruki, Sukoharjo, jenazahnya dibawa ke peristirahatan terakhirnya di Desa Cintaharja, Cikoneng, Ciamis, Jawa Barat sesuai permintaannya.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X