Uni Eropa Tolak Undang-undang Hukuman Mati Israel untuk Warga Palestina

Uni Eropa Tolak Undang-undang Hukuman Mati Israel untuk Warga Palestina

BRUSSELS (Jurnalislam.com) – Posisi Uni Eropa dalam hukuman mati bersifat universal dan blok tersebut bekerja secara aktif untuk menekannya di mana-mana dalam segala situasi, juru bicara Uni Eropa mengatakan pada hari Kamis (4/1/2018).

Ucapan Carlos Martin Ruiz de Gordejuela muncul sebagai jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh koresponden Anadolu Agency di Brussels pada sebuah konferensi pers di ibukota Belgia tersebut.

“Uni Eropa menentang hukuman mati pada warga Palestina dalam segala situasi dan kasus tanpa pengecualian,” kata Gordejuela.

Uni Eropa Tolak Ajakan PM Israel untuk Akui Yerusalem sebagai Ibukotanya

Knesset (parlemen Israel) pada hari Rabu menyetujui pembacaan awal sebuah undang-undang kontroversial yang akan memungkinkan pihak berwenang Israel menjatuhkan hukuman mati kepada warga Palestina yang terlibat dalam “operasi melawan target Israel.”

Diusulkan oleh partai Yisrael Beiteinu yang paling kanan, sidang pembacaan pertama RUU tersebut disetujui oleh hasil pemungutan suara 52 melawan 49. Namun usulan itu harus disetujui melalui sidang bacaan kedua dan ketiga sebelum menjadi undang-undang.

Bagikan