UBN: Ijtima Ulama Untuk Meluruskan Arah Politik Bangsa

UBN: Ijtima Ulama Untuk Meluruskan Arah Politik Bangsa

SENTUL (Jurnalislam.com) – Ustaz Bachtiar Nasir (UBN) mengatakan, Ijtima Ulama dan Tokoh Nasional III dihelat untuk meluruskan arah politik bangsa.

Pernyataan itu sekaligus merespon tanggapan wakil presien Jusuf Kalla beberapa waktu lalu yang mengatakan Ijtima Ulama jangan berdasarkan politis.

“Terus kalau disebut gak boleh berpolitik, loh ini kan hak warga negara, hak konstitusi, jadi gak ada yang salah kalau Ijtima Ulama juga membicarakan hal-hal yang bisa meluruskan politik terutama arah kebangsaan kita,” katanya kepada wartawan di Hotel Lorin, Sentul, Bogor, Rabu (1/5/2019).

Baca juga: Dinilai Lakukan Kecurangan TSM, Ijtima Ulama III: Diskualifikasi Paslon 01

UBN juga mengatakan, harus dibedakan antara ijma’ dan ijtima’. “Ijtima itu beda dengan ijma’ yang harus ada tahapan-tahan syar’inya. Tapi ini kan ijtima’ artinya pertemuan. Syarat syar’inya apa? Kita sudah diperintahkan kok untuk bermusyawarah,” paparnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan bahwa Ijtima Ulama itu harus betul-betul berdasarkan pedoman atau aturan dan hadits sehingga berdasar hukum yang benar.

“jangan dasarnya politis,” kata dia di Istana Wakil Presiden, Selasa (30/4/2019).

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X