Turki Dirikan Tempat Penampungan Pengungsi Ghouta Timur di Idlib

Turki Dirikan Tempat Penampungan Pengungsi Ghouta Timur di Idlib

HATAY (Jurnalislam.com) – Sebuah lembaga bantuan Turki mendirikan tempat penampungan di pedesaan Idlib utara Suriah bagi warga Suriah yang dievakuasi dari distrik Ghouta timur yang dikepung, menurut seorang pejabat yayasan pada hari Kamis (5/4/2018).

Yayasan Bantuan Kemanusiaan (The Humanitarian Relief Foundation-IHH), salah satu kelompok bantuan terkemuka di negara itu, mendirikan situs tersebut di desa Der Hassan.

Penasihat media agensi, Selim Tosun, mengatakan kepada Anadolu Agency di provinsi perbatasan Turki Hatay bahwa 350 keluarga telah ditempatkan di tenda-tenda.

“Keluarga yang lolos dari pengepungan dan tiba di Idlib setelah perjalanan panjang, menjalani pemeriksaan kesehatan di pusat kesehatan keliling,” katanya, menambahkan tanki air akan memenuhi kebutuhan air minum bersih dengan cepat.

PBB: 130.000 Orang Telah Tinggalkan Ghouta Timur

Tosun mengatakan 150 tenda lain dan sebuah sekolah diharapkan akan segera berdiri di lokasi itu.

Sedikitnya 50.000 orang telah dievakuasi dari Ghouta timur sejak proses dimulai pada 22 Maret.

Evakuasi dilakukan sebagai bagian dari perjanjian antara rezim Syiah Bashar al-Assad dan kelompok oposisi bersenjata yang diperantarai Rusia.

Sebagai rumah bagi 400.000 penduduk, Ghouta timur tetap dalam pengepungan ketat rezim Syiah Nushairiyah Assad selama lima tahun terakhir, dimana pasokan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan dicegah masuk oleh rezim.

Menurut pejabat PBB, ratusan ribu orang telah tewas dalam konflik di Suriah hingga saat ini.

Tenda penampungan pengungsi Ghouta Timur di desa Der Hassan, Idlib
Bagikan
Close X