Turki akan Terapkan Strategi Seperti di Manbij untuk Wilayah Lain di Suriah

BRUSSELS (Jurnalislam.com) – Turki akan menerapkan model seperti di Manbij untuk bagian lain Suriah, terutama di timur Sungai Eufrat, kata menteri luar negeri Turki, Jumat (27/4/2018).

Dalam sebuah konferensi pers menyusul pertemuan para menteri luar negeri NATO di Brussels, Mevlut Cavusoglu mengatakan ia membahas roadmap yang telah disetujui sebelumnya di Suriah dengan Menteri Luar Negeri AS yang baru diangkat, Mike Pompeo.

“Kami akan menerapkan model seperti di Manbij untuk bagian lain Suriah, terutama di sebelah timur Euphrates [Sungai] setelah persetujuan peta jalan ini. Dengan demikian, kami akan mengambil langkah bersama pada masalah yang menyebabkan ketegangan dalam hubungan bilateral.”

Turki Segera Lancarkan Operasi Militer ke Manbij Jika

Cavusoglu mengatakan bahwa menteri luar negeri memiliki percakapan tentang menyetujui peta jalan yang akan mengarah pada penerapan model Manbij.

Diplomat tinggi Turki tersebut mengacu pada model Manbij sebagai inisiatif Turki untuk menghapus kelompok teroris YPG dari wilayah tersebut dengan kerjasama dari AS.

Dalam sebuah wawancara bulan Maret dengan Anadolu Agency, Cavusoglu mengatakan bahwa jika rencana itu gagal, Ankara secara sepihak akan mengambil langkah-langkah untuk “melenyapkan” milisi YPG yang terkait PKK dari perbatasan Suriah.

Mendekati Manbij, Operasi Militer Turki Kini Berlanjut ke Tal Rifaat

Pada hari Jumat, Cavusoglu mengingatkan bahwa AS telah berjanji untuk tidak memberikan senjata kepada kelompok teror YPG dan mendesak menarik pasukan AS dari Manbij.

“Jika kami melihat bahwa janji-janji ini tidak ditepati. Kami menciptakan kelompok kerja untuk mengawasi apakah janji-janji tersebut ditepati atau tidak,” katanya.

Cavusoglu mengatakan Turki akan bertindak terhadap AS di Manbij.