Responsive image

Tulis Yerusalem Ibu Kota Israel, SDIT Ar Risalah Solo Tarik Buku Yudhistira Milik Siswa

Tulis Yerusalem Ibu Kota Israel, SDIT Ar Risalah Solo Tarik Buku Yudhistira Milik Siswa

SOLO (Jurnalislam.com)- Kepala sekolah SDIT Ar-Risalah, Laweyan, Solo, Ustaz Syaefuddin Kamal mulai menarik buku pelajaran IPS kelas 6 SD yang menyantumkan Yerusalem sebagai ibukota Israel, hal itu ia lakukan guna mengikuti perintah Dinas Pendidikan Kota Surakarta yang melarang pengunaan buku tersebut pada Rabu,(13/12/2017) lalu.

“Anak-anak, ini ada pengumuman dari Dinas Pendidikan kota Surakarta bahwa buku pelajaran IPS yang kita pakai sementara tidak digunakan dan tidak boleh digunakan. Sekarang kita kumpulkan dulu, belajarnya nanti menunggu mendapatkan buku yang baru dari penerbit edisi revisi,” katanya di hadapan 24 siswa murid kelas 6a pada Jum’at,(15/12/2017).

Ustaz Kamal mengaku menyayangkan kesalahan yang dilakukan penerbit Yudhistira itu, pasalnya, SDIT Ar-Risalah sudah mengunakan buku tersebut selama 3 tahun namun tidak pernah ada pemberitahuan dari Yudhistira akan kesalahan yang ada pada halaman 51 itu.

“Kita ini sudah menggunakan Yudhistira itu 3 tahun. Nah kita kemarin kecewanya seharusnya Yudhistira yang menginformasikan kita tapi malah yang kita dulu konfirmasi ke sana. Meski dia bertanggung jawab kalau kita minta ditarik,” lanjutnya.

Sementara itu, salah seorang wali murid Sri Sedyo Suwarno mengaku baru mengetahui kesalahan pada buku yang digunakan anaknya saat ramai di pemberitaan media, mengetahui hal itu, Sedyo langsung meminta pihak sekolahan untuk menarik buku tersebut.

“Saya baru tau itu setelah ada pemberitaan Laskar Umat Islam Surakarta (LUIS) mempersoalkan buku terbitan Yudhistira. Ternyata anak saya pake buku itu, kemarin saya langsung menghubungi sekolah agar buku itu ditarik, “paparnya.

Lebih lanjut Sedyo berharap, kedepan pihak sekolah lebih teliti dan selektif saat memilih bahan belajar bagi paraa siswa.

“Semoga hal serupa tidak terulang kembali,”tandasnya.

Sebelumnya, kantor distributor Penerbit Yudhistira cabang Solo di wilayah Sumber, Banjarsari, Solo, digeruduk Ormas Islam Soloraya untuk meminta menarik semua buku ajar IPS Kelas 6 SD yang menulis Yerussalem Ibukota Israel pada Rabu (13/12/2017) lalu. Tindakan keras juga dilayangkan Pemkot Solo untuk melarang menggunakan buku tersebut.

Bagikan
Close X