Trump Pecat Direktur FBI, Ada Apa?

Trump Pecat Direktur FBI, Ada Apa?

WASHINGTON (Jurnalislam.com) – Presiden Donald Trump pada hari Selasa (9/5/2017) memecat Direktur FBI James Comey, menurut Gedung Putih.

Trump memberitahu Comey bahwa dia telah “dihentikan dan dikeluarkan dari kantor” berdasarkan rekomendasi Jaksa Agung Jeff Sessions dan Wakil Jaksa Agung Rod Rosenstein, Gedung Putih mengatakan dalam sebuah pernyataan, lansir Anadolu Agency.

“FBI adalah salah satu institusi kami yang paling disayangi dan dihormati, dan hari ini akan menandai awal baru bagi mahkota mahkota penegakan hukum kami,” kata Trump dalam pernyataan tersebut.

Terindikasi Ada Kecurangan pada Pemilu AS, FBI Selidiki Intervensi Rusia

Pencarian untuk “Direktur permanen FBI yang baru” akan segera dimulai, pernyataan tersebut menambahkan.

Comey telah menjadi pusat kontroversi sejak dia mengungkapkan penyelidikan sensitif terhadap calon presiden Hillary Clinton pada hari-hari pemilihan tahun lalu yang diperebutkan dengan sengit.

Clinton pekan lalu menyalahkan sebagian kerugian Hillary adalah atas keputusan Comey.

Dalam sebuah surat kepada Comey yang diberikan oleh Gedung Putih, presiden Amerika itu memberi tahu kepala FBI yang digulingkan tersebut bahwa dia setuju dengan rekomendasi Sesi dan Rosenstein untuk memindahkannya.

“Meskipun saya sangat menghargai Anda untuk terus memberi informasi bagi saya, dalam tiga kesempatan terpisah, bahwa saya tidak dalam penyelidikan, namun saya sependapat dengan keputusan Departemen Kehakiman bahwa Anda tidak dapat memimpin biro secara efektif,” kata Trump. “Anda dengan ini dihentikan dan dikeluarkan dari kantor, berlaku segera.”

Bagikan
Close X