Tour de Batavia Kembali Digelar, ‘Melacak Jejak Surkati di Betawi’

Tour de Batavia Kembali Digelar, ‘Melacak Jejak Surkati di Betawi’

JAKARTA (Jurnalislam.com) – Komunitas Tour de Batavia kembali menggelar perjalanan sejarah bertema ‘Melacak Jejak Surkati di Betawi’, Sabtu (22/6/2019).

Ketua Panitia, Abdullah Ellie mengatakan tujuan dilaksanakan acara ini agar masyarakat dan generasi muda mengenal sosok Ahmad Surkati dan sejarah pergerakannya.

“Generasi muda harus mengenal sosok Ahmad Surkati dan perjuangannya memberikan pembaharuan terhadap pendidikan di Indonesia,” katanya kepada Jurnalislam.com, Sabtu (22/06/2019).

Dia menjelaskan, dengan mendirikan Pendidikan Al-Irsyad, Ahmad Surkati menjawab permasalahan kejumudan Islam pada saat itu, dan kemunduran peradaban Islam.

“Saat itu pandangan masyarakat, secara implisit harus diubah, tidak cuma pemikirannya, tetapi yang lebih penting adalah mengubah wawasan berpikirnya ke arah pemurnian agama (tajdid). Dengan demikian pendidikan Al-Irsyad ditujukan menciptakan perubahan pemikiran,” pungkasnya.

Dalam perjalanan sejarah ini, peserta akan diajak ke Kampung Pekojan; tempat awal beliau tiba di batavia, lalu ke Petojo yang merupakan satu-satunya gedung sekolah milik Al-Irsyad di tanah Betawi.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X