Responsive image

Tolak Kriminalisasi Ulama, API Jabar Sebut Aparat Bertindak Di Luar Kaidah Hukum

Tolak Kriminalisasi Ulama, API Jabar Sebut Aparat Bertindak Di Luar Kaidah Hukum

BANDUNG (Jurnalislam.com) – Aliansi Pergerakan Islam (API) Jawa Barat bersama ormas Islam lainnya berunjuk rasa menolak kriminalisasi ulama, ormas dan aktivis Islam di depang Gedung Sate, Bandung, Jumat (2/6/2017).

Dalam kesempatan itu, Ketua API Jabar Asep Syaripudin mengatakan, aparat penegak hukum tidak bertindak sesuai kaidah hukum yang berlaku dalam sejumlah kasus yang menjerat para ulama dan ormas Islam.

“Aparat penegak hukum bertindak tidak berdasarkan kaidah-kaidah hukum, itu perbuatan melawan hukum ini pelanggaran HAM berat,” katanya di sela-sela aksi kepada wartawan, Jumat (2/6/2017).

Ia menjelaskan, sebelum menetapkan seseorang sebagai tersangka aparat harus memenuhi deliknya terlebih dahulu.

“Dan kami menyaksikan justru ini tidak dilakukan oleh penegak hukum, maka kita melihat ini bukan persoalan hukum seperti pada Habib Rizieq, Ustadz Al-Khottot. Ini sesuatu hal yang ironis,” tegasnya.

“Maka dri itu API JABAR bersikap untuk meluruskan kita jangan sampai mau di benturkan dengan aparat penegak hukum , seyogyanya penegak hukim menjadi pelayan masyarakat, bukan sebagai pihak yang kemudian mengkriminalisasi rakyat apalagi ulama,” tambahnya.

Menurutnya, upaya kriminalisasi terhadap para ulama merupakan penghinaan kepada Islam itu sendiri.

“Dalam agama islam ulama adalah pewaris nabi, apabila menghina atau mengkriminalisasi ulama sama dengan menghina nabi. Ini yang menjadi masalah,” tandasnya.

Reporter: Agus Dwi Cahyanto

Bagikan
Close X