Terkait Izin Asyura di Sidolig, Ormas Islam Datangi Ridwan Kamil

BANDUNG (Jurnalislam.com) – Sedikitnya 35 perwakilan ormas Islam dan komunitas siang tadi, Selasa (27/10/2015) mendatangi Balai Kota Bandung Jl Wastukencana No.2, untuk meminta klarifikasi Walikota Bandung, Ridwan Kamil terkait izin yang diberikan kepada kelompok Syiah menggelar acara peringatan hari Asyura di Stadion Persib pada hari Jumat 23 Oktober 2015.

Gabungan ormas yang diwakili oleh Ketua Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) Provinsi Jawa Barat, ustadz Muhammad Roinulbalad itu meminta Ridwan Kamil untuk memberikan klarifikasi tentang pernyataan IJABI yang mengklaim telah mengantongi izin atas acara tersebut.

"Jika walikota mengaku tidak mengeluarkan izin ataupun rekomendasi penyelanggaraan Asyura, maka walikota Bandung harus mengusut dan juga menindak pihak IJABI yang mengatasnamakan Walikota Bandung Ridwan Kamil memberikan izin, rekomendasi atau kemudahan acara," terang Ustadz Roin.

Ustadz Roin juga meminta walikota mengeluarkan surat himbauan pelarangan kegiatan dan perayaan hari raya Syiah di Kota Bandung. Untuk mewujudkan hal tersebut, perwakilan ormas Islam meminta pemkot Bandung untuk mengumpulkan MUSPIDA (MUI, Kemenag, TNI, Polri).

Beliau melanjutkan, umat Islam percaya bahwa walikota Bandung akan berupaya mendukung umat Islam Bandung menjaga akidah umat Islam dari aliran sesat.

"Kami berharap Bapak Ridwan Kamil dapat menjalankan amanah dengan sebaiik-baiknya dan siap mendengar masukan warganya dan juga ulama," harapnya.

Sementara itu, perwakilan Aliansi Nasional Anti Syiah (ANNAS), ustadz Abdul Hadi mengatakan umat Islam di Jawa Barat telah diresahkan oleh kegiatan-kegiatan kelompok Syiah yang telah melanggar UU PNPS No. 1 tahun 1965 tentang penafsiran yang menyimpang dalam suatu agama.

"Jadi kami di lapangan sering mendapatkan porsi yang tidak adil oleh pemerintah. Kami meminta supremasi hukum itu betul-betuk ditegakkan, bukan keadilan yang hanya diatas kertas," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, ribuan penganut Syiah dari Ikatan Jamaah Ahlul Bait Indonesia (IJABI) menggelar acara peringatan hari Asyura di stadion Persib, Jl. Jend. Ahmad Yani, Bandung, Jumat (23/10/2015) dengan dalih telah mengantongi izin dari kepolisian dan pemerintah kota Bandung.

Ally | Jurniscom

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.