Terapkan New Normal, Jumlah Kasus Corona Iran Melonjak Tajam

Terapkan New Normal, Jumlah Kasus Corona Iran Melonjak Tajam

TEHERAN(Jurnalislam.com) – Jumlah kasus Covid-19 harian di Iran meningkat setelah turun pada April-Mei menjadi lebih dari 3.000 kasus per hari. Hal ini terjadi setelah pemerintah mencabut berbagai larangan untuk mengendalikan penyakit tersebut.

Larangan terkait wabah Covid-19, yang diberlakukan di Iran sejak 19 Februari, untuk pengoperasian mal, pasar, restoran, kafe, pangkas rambut, dan toko-toko lainnya secara bertahap dicabut. Sementara itu, bepergian ke luar kota mulai diperbolehkan.

Negara yang mencatat 802 kasus pada 2 Mei itu melaporkan lebih dari 2.000 kasus menjelang akhir Mei dan telah menghapus larangan tersebut. Iran pada Selasa (2/6) mengonfirmasi 3.117 orang positif terpapar virus corona.

Selain itu, jumlah kematian harian yang sempat turun di bawah 50 orang kini meningkat menjadi 81 orang pada Senin (1/6) dan 64 orang pada Selasa. Menteri Kesehatan Iran Said Namaki pada Senin mengatakan bahwa kebanyakan dari masyarakat dan pejabat tak memperhatikan bahaya dari Covid-19.

“Jika terus seperti ini, kita akan kebobolan pada menit terakhir oleh virus corona,” kata Namaki menegaskan.

Jalan-jalan di Ibu Kota Teheran tampak ramai dengan aktivitas normalisasi, sementara masyarakat tidak memperhatikan penggunaan masker ataupun sarung tangan, jarak sosial, dan peringatan lainnya.

Sumber: republika.co.id

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X