Tentara Yaman Rebut Kendali Bukit Strategis antara Taiz dan Hudaydah dari Milisi Syiah Houthi

Tentara Yaman Rebut Kendali Bukit Strategis antara Taiz dan Hudaydah dari Milisi Syiah Houthi

YAMAN (Jurnalislam.com) – Tentara nasional Yaman telah membuat kemajuan di wilayah barat Taiz, komandan militer Mayor Jenderal Khaled Fadhel mengkonfirmasi bentrokan dengan pemberontak Syiah Houthi dukungan Iran, Al Arabiya News Channel melaporkan, Jumat (14/01/2017).

Komandan militer menyatakan bahwa pasukannya menguasai sejumlah situs dan bukit-bukit yang menghadap jalur penghubung antara Taiz dan Hudaydah, mengatakan bahwa tentara mendekati jalur pasokan utama di sebelah barat kota tempat basis milisi Syiah Houthi.

Sementara itu di Shabwa, 13 pemberontak Houthi tewas dan terluka oleh serangan udara koalisi. Saat perebutan kekuasaan di Yaman terus berlanjut ke tahun kedua, utusan PBB untuk Yaman Ismail Ould Cheikh Ahmed meneruskan usahanya untuk memulai kembali pembicaraan damai antara pihak yang bertikai.

Awal pekan ini Cheikh Ahmed melakukan kunjungan ke Riyadh di mana ia bertemu dengan duta besar kelompok negara yang mensponsori inisiatif Teluk untuk mengatasi krisis.

Dalam pertemuan tersebut, perkembangan berkaitan dengan Yaman dibahas. Ahmed mengatakan bahwa pertemuan selanjutnya akan berlangsung di Aden dan Sanaa sebelum dia menghadap ke Dewan Keamanan untuk melaporkan kesaksiannya pada 25 Januari

Bagikan
Close X