Tak Tergoda Isu Politik, Ini Fokus Pembahasan di Ijtima Ulama IV

Tak Tergoda Isu Politik, Ini Fokus Pembahasan di Ijtima Ulama IV

SENTUL (Jurnalislam.com) – Sedikitnya 1.000 ulama, kiai, habaib, dan tokoh umat Islam menghadiri Ijtima Ulama IV di Sentul Bogor, Jawa Barat, hari ini, Senin (5/8/2019). Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mengevalusi dan memberikan rekomendasi agenda keumatan dan kebangsaan.

“Agenda utama adalah mengevaluasi dan melihat kelemahannya, mulai dari Ijtima Ulama I (Pertama) sampai III (Ketiga). Nah di Ijtima Keempat, kami susun kembali,” kata sekretaris panitia pengarah Ijtima Ulama IV, Edy Mulyadi, kepada Jurnalislam.com, Senin (5/8/2019).

Dia menyatakan, meski pembahasan politik selalu menjadi primadona dalam setiap penyelenggaraan Ijtima Ulama, namun menurut dia masih banyak persoalan serius yang harus ditanggapi, terutama dalam bidang dakwah. Pasalnya, berbagai permasalahan tersebut dinilai berujung pada deislamisasi dan liberalisasi.

“Seperti masalah LGBT (lesbian, gay, biseksual, dan transgender) yang semakin menguat. Ini penting (dibahas),” ujar dia.

Mengenai pembahasan bidang politik, para kiai, ulama, dan tokoh akan menyusun langkah yang dapat dijalankan serta menjadi panduan umat Islam, terutama menghadapi Pilkada Serentak 2020. Ia juga mengingatkan, siapa pun yang berkuasa dilarang untuk sewenang-wenang.

“Nah, intinya dari ijtima ini kita juga menghendaki bahwa mengelola negara itu tidak boleh dengan kezaliman dan kecurangan,” tuturnya.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X