Syaikh Al Azhar Serukan Distribusi Vaskin yang Adil

Syaikh Al Azhar Serukan Distribusi Vaskin yang Adil

VATIKAN(Jurnalislam.com) — Imam Besar Al-Azhar Sheikh Ahmed Al-Tayyeb menyerukan solusi praktis guna memastikan distribusi vaksin Covid-19 yang adil. Utamanya distribusi ini untuk negara-negara Afrika yang paling miskin.

Seruan tersebut disampaikan dalam pertemuan yang diadakan di Vatikan, di sela-sela KTT “Iman dan Sains: Menuju COP26”, bersama Uskup Agung Canterbury Justin Welby.

Dilansir di Ahram Online, Jumat (8/10), selama pertemuan tersebut, Imam Besar dan Uskup Agung sepakat tentang perlunya menyebarkan kesadaran tentang perubahan iklim dan bahaya yang dihadapi planet bumi.

Mereka juga mengungkapkan keprihatinannya, yang menyatakan pidato atau pembicaraan tentang masalah tersebut belum diterjemahkan ke dalam tindakan nyata di lapangan.

Selanjutnya, Al-Tayyeb dan Welby juga menekankan konflik politik antara negara maju telah menyebabkan hilangnya hak di negara berkembang, serta munculnya kembali konflik etnis.

Mereka pun menyepakati tentang perlunya memberdayakan para pemimpin agama untuk bekerja sama dengan para pemimpin dunia, demi membawa perdamaian.

Al-Tayyeb mengungkapkan kebahagiaannya bisa kembali melihat Welby, tiga tahun setelah diadakannya program “The Youth Peacemakers”, di bawah naungan Al-Azhar dan Katedral Canterbury Inggris di London. Menurutnya, program ini menciptakan kelompok pemuda yang mampu menghadapi tantangan.

Dari pihaknya, Uskup Agung Canterbury Justin Welby mengatakan dia setuju dengan Sheikh Al-Tayyeb tentang perlunya melanjutkan program “Pemuda Perdamaian”. Welby diketahui tiba di Mesir untuk meresmikan sebuah provinsi baru untuk Gereja Anglikan, Kamis (7/10).

Menurut sebuah pernyataan dari Gereja Anglikan, Welby akan meluncurkan Provinsi Alexandria ke-41 Gereja Anglikan, dinamai berdasarkan posisi penting kota itu di dunia Kristen kuno.

Sumber: republika.co.id

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X