Swedia: DK PBB Tidak Berbuat Apa-apa pada Konflik Israel-Palestina

Swedia: DK PBB Tidak Berbuat Apa-apa pada Konflik Israel-Palestina

WASHINGTON (Jurnalislam.com) – Dewan Keamanan PBB tidak melakukan apa-apa untuk menyelesaikan masalah Israel-Palestina, duta besar Swedia untuk PBB mengatakan pada hari Selasa, lansir Anadolu Agency Rabu (1/8/2018)

“Menyelesaikannya (masalah Israel-Palestina) harus menjadi prioritas. Apakah sudah menjadi prioritas? Saya khawatir belum,” kata Olof Skoog, berbicara di PBB pada akhir masa kepresidenan Dewan Keamanan negaranya.

Skoog mengatakan peristiwa baru-baru ini “telah menjauhkan kita dari kedamaian” di wilayah tersebut, mengutip keputusan AS untuk memindahkan kedutaannya di Tel Aviv ke Yerusalem dan hukum negara-bangsa (nation-state) Yahudi Israel.

Palestina Larang Warganya Partisipasi dalam Jajak Pendapat Pemilihan Kota Israel

“Kami sangat dekat dengan perang Gaza lagi. Hampir setiap hari ketegangan terjadi di sana yang dapat meningkat dengan sangat cepat. Jadi ini adalah situasi yang sangat berbahaya.

“Dan saya berpikir bahwa Dewan Keamanan belum cukup memperhatikan masalah itu,” kata Skoog.

Dia juga mengatakan dewan telah gagal untuk mengambil pendekatan kemanusiaan di Gaza, Palestina, menambahkan dia tidak melihat ada gerakan maju untuk menyelesaikan konflik.

Swedia tidak menyetujui keputusan memindahkan kedutaan yang diumumkan oleh AS pada bulan Mei, yang membangkitkan perselisihan di antara komunitas internasional, kenangnya.

90 Warga Turki Ditolak Israel Kunjungi Al Quds

Pada 19 Juli, parlemen Israel mengesahkan undang-undang yang menyatakan negara itu adalah “negara-bangsa (nation-state) bagi orang-orang Yahudi”.

Undang-undang itu tidak mempromosikan partisipasi Palestina dalam kehidupan politik di negara itu, kata Skoog.

“Kami telah memastikan bahwa setiap anggota di Dewan Keamanan memahami dengan tepat kehidupan di Gaza,” tambahnya.

Bagikan
Close X