Sujiwo Tejo: Kalau Pancasila Ada, Lapangan Kerja Gampang

Sujiwo Tejo: Kalau Pancasila Ada, Lapangan Kerja Gampang

SOLO (jurnalislam.com)- Budayawan Indonesia asal Jember Sujiwo Tejo mengkritisi pihak pihak yang selalu menuduh kelompok tertentu anti Pancasila.

Hal itu ia katakan saat menjadi pembicara di forum Indonesia Lawyers Club (ILC) TV One, selasa, (5/11/2019) malam.

“Boleh pakai cingkrang dan cadar yang penting jangan anti pancasila, pertanyaan saya sekarang pancasila itu ada nggak sih ?,” katanya.

“Bagi saya nggak ada pak jujur, yang ada gambar garuda pancasila, teks pancasila ada, tapi pancasila itu nggak ada, siapa yang mau anti terhadap sesuatu yang nggak ada?,” Imbuhnya.

Sujiwo beralasan, bahwa selama ini pemerintah belum bisa memenuhi prinsip prinsip dalam pancasila seperti sila kelima pancasila yakni Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

“Kalau pancasila itu ada air itu kita ndak beli, lapangan kerja gampang, perusahan perusahaan saldonya nol, karena nggak mengejar keuntungan, Itu baru pancasila,” paparnya.

Lebih lanjut, sebagai pembicara terakhir di ILC, ia juga mengkritisi kebijakan pemerintah Jokowi yang kembali menaikan iuran BPJS menjadi dua kali lipat yang dianggapnya semakin menyengsarakan rakyat jelata.

“Pancasila nggak ada menurut saya, kalau ada masak iuran (BPJS-red) masyarakat sampai kejang kejang diancam nggak boleh perpanjang SIM, darimana itu lho,” ujarnya.

“BPJS kan seharusnya enak gitu. Tapi kok sekarang malah orang jadi takut gitu pak, gimana pancasilanya ndi,?,” Tandas Sujiwo Tejo.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X