Sinergi Foundation Siap Tanam Ribuan Pohon Green Kurban

Sinergi Foundation Siap Tanam Ribuan Pohon Green Kurban

BANDUNG (Jurnalislam.com)–Sebagai ikhtiar menunaikan amanah satu kurban untuk satu pohon, Green Kurban bersama Sinergi Foundation siap menanam 1.600 pohon bambu di DAS Cimanuk, Selaawi Garut, pengujung Agustus ini. Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan alam sekaligus menghijaukan bumi.

“Mengapa bambu? Sebab kami yakin, syariatnya bambu adalah alternatif untuk menyelamatkan bumi. Bambu mampu mencegah erosi tanah yang menyebabkan bencana alam. Dalam penelitian pakar bambu Elizabeth Widjaja, bambu disebut bisa mengurangi erosi tanah sebanyak 4.235 ton per km2 menjadi 436 tons per km2,” tutur Asep Irawan, CEO Sinergi Foundation.

Ia pun menuturkan, bambu juga sangat bermanfaat sebagai filter air, sebagai tanaman hidup maupun sudah menjadi arang, agar air menjadi jernih.

Dan dengan bambu, lanjut Asep, para keluarga petani terberdayakan dan bisa merasakan nilai tambah dari bambu. “Bambu bisa dijadikan produk souvenir, kerajinan tangan, bungkus makanan, bahkan pangan rebung di rumah makan,” imbuhnya.

Asep menjelaskan, sejak 2013, Green Kurban telah menanam 26.679 pohon untuk penghijauan bumi. Sementara itu, untuk distribusi daging Green Kurban sendiri, telah menyentuh 70 titik pelosok Indonesia dan negeri konflik seperti Palestina dan Rakhine Myanmar.

“Sejak didirikan, Green Kurban telah menyentuh 136.602 penerima manfaat,” kata Asep. Para penerima manfaat tersebut bermata pencaharian buruh tani, peternak, pengrajin, buruh serabutan, dan lain-lain.

Ia pun memungkas, di tahun-tahun berikutnya, Green Kurban siap menebar manfaat lebih luas lagi.

“Terimakasih atas kontribusi para pekurban yang memercayakan kurbannya pada Green Kurban. Dengan berkurban di Green Kurban, para pekurban telah turut membantu sesama yang membutuhkan sekaligus menghijaukan bumi,” tandas Asep.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X