Serangan Bom Istisyhad Mengguncang Baghdad 47 Orang Sekte Syiah Tewas

BAGHDAD (jurnalislam.com) – Sebuah bom mobil menghantam sebuah pos pemeriksaan militer di dekat sebuah restoran di distrik utara Baghdad Talibiya, empat puluh lima menit kemudian, sepasang bom mobil meledak di distrik al-Dawlai.

Pemboman dan serangan isytishad di bagian sekte Syiah di Baghdad dan di wilayah pedesaan selatan ibukota menewaskan sedikitnya 47 orang pada hari Kamis (16/10/2014) dan melukai 123 lainnya, polisi dan pejabat medis mengatakan.

Sebuah bom mobil menghantam sebuah pos pemeriksaan militer di dekat sebuah restoran di distrik utara Baghdad Talibiya pada pukul 14:30 (1130 GMT), menewaskan sembilan orang, kata para pejabat. Empat puluh lima menit kemudian, sepasang bom mobil meledak di distrik al-Dawlai di Baghdad barat, menewaskan 16 orang dan melukai 35 lainnya.

Tidak lama setelah itu, lima mortir menghantam wilayah tetangga distrik Syiah al-Shaoula, menewaskan lima orang dan melukai 21 orang lainnya. Sebuah bom mobil kemudian meledak di distrik terdekat Hurriya, menyebabkan enam orang tewas dan melukai 14 lainnya. Tiga orang juga tewas dan enam lainnya luka-luka dalam ledakan bom di deretan toko-toko kopi di distrik kelas pekerja Syiah Allawi.

Pertempuran juga mencapai pedesaan selatan Baghdad, sebuah daerah campuran yang sering menjadi medan perang antara militan dan pasukan pemerintah.

Di distrik Mahmudiyah, sebuah bom mobil menewaskan enam orang dan melukai 18 lainnya, sedangkan ledakan bom menewaskan tiga tentara Irak dan melukai satu tentara saat berpatroli di Madain.

Perdana Menteri Haider al-Abadi, yang telah memerintah selama satu bulan dan masih tanpa menteri pertahanan dan dalam negeri akibat perpecahan antara partai politik Syiah dan Sunni, pada hari Rabu berusaha untuk menenangkan. [ded412/news desk]

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X