Sepakat Genjatan Senjata, Israel Minta Pejuang Palestina Hentikan Serangan Roket

Sepakat Genjatan Senjata, Israel Minta Pejuang Palestina Hentikan Serangan Roket

GAZA (Jurnalislam.com) – Jihad Islam dan Israel telah menyepakati gencatan senjata di sebagian besar Jalur Gaza sejak Kamis (14/11/2019) pagi.

Perjanjian yang dilaporkan ditengahi oleh Mesir mulai berlaku setelah dua hari pertempuran lintas-perbatasan dan serangan udara Israel yang menewaskan sedikitnya 34 warga Palestina, termasuk delapan anggota keluarga yang sama.

Kementerian Kesehatan Gaza pada hari Kamis mengidentifikasi mereka sebagai anggota keluarga Abu Malhous dari daerah Deir al-Balah.

Setidaknya 63 warga Israel terluka akibat serangan roket yang diluncurkan para pejuang dari Gaza.

Meskipun ada pengumuman gencatan senjata, Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz mengatakan Israel akan mengikutinya jika faksi-faksi Palestina di Gaza menghentikan serangan – menyangkal bahwa Israel telah mengubah kebijakan penembakan terbuka seperti yang diminta oleh kelompok Jihad Islam untuk gencatan senjata.

Jalur Gaza telah berada di bawah blokade bersama Israel-Mesir selama lebih dari satu dekade, yang telah sangat membatasi kebebasan bergerak untuk populasi dua juta. Aliran barang dan jasa, serta pasokan medis, juga sangat terhambat karena pengepungan yang melumpuhkan.

Warga Palestina telah berkumpul di dekat pagar pembatas untuk berpartisipasi dalam Great March of Return, serangkaian protes mingguan yang dimulai pada Maret 2018, menyerukan diakhirinya pengepungan darat dan udara yang berusia 12 tahun.

Sejak unjuk rasa Gaza dimulai, 313 pengunjuk rasa Palestina telah tewas oleh tembakan Israel dan ribuan lainnya terluka, menurut kementerian kesehatan.

Gejolak terbaru meningkatkan kekhawatiran konflik habis-habisan baru antara Israel dan faksi-faksi Palestina di Gaza, yang telah menyaksikan tiga operasi militer besar Israel dalam dekade terakhir.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X