Semangat Berinovasi, Jurniscom Gelar Munas IV di Bogor

Semangat Berinovasi, Jurniscom Gelar Munas IV di Bogor

BOGOR (Jurnalislam.com) – Jurnalislam.com (Jurniscom) sukses menggelar Musyawarah Nasional (Munas) ke-IV dengan tema “Meningkatkan Sinergitas Menuju Media Islam yang Unggul dan Profesional” di Wisma Industri, Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Munas yang digelar selama 2 hari dari Sabtu hingga Ahad (15-16/12/2018) diikuti oleh 25 peserta yang merupakan staff, jurnalis, dan kontributor Jurnalislam.com dari seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Direktur PT Jurnis Media Cahaya Indonesia, Indra Martian menyampaikan ada 5 hal yang harus dimiliki oleh sebuah media Islam agar dapat berjalan dengan baik dan terus bisa bersaing dengan media lainnya. 

“Pertama harus punya nilai, setelah itu harus ada ide dan gagasan, maka kita wujudkan konsep-konsep itu agar tercapai,” katanya.

“Yang ketiga sistem yang mengatur, nilai ada konsep punya tapi sistem tidak punya maka kita tidak akan bisa,” sambungnya.

Indra melanjutkan, tim sukses menjadi poin keempat yang tak kalah pentingnya. Dengan kerjasama yang baik, katanya, sebuah media Islam akan dapat menghasilkan produk berita yang baik pula.

Terakhir, media Islam harus punya tujuan yang jelas, yaitu tadbiqussyariah atau menegakkan syariat. “Syariat Islam itu luas, tidak melulu soal hukum qisash dan hudud, akan tetapi tata cara makan, tidur pun termasuk bagian dari syariat Islam,” paparnya.

Indra juga menyampaikan, Jurnalislam.com akan terus berinovasi untuk mengejar perkembangan dunia digital yang begitu cepat.

Senada dengan itu, salah satu redaktur senior Jurnalislam.com, Rizki Lesus memaparkan, perkembangan dunia digital yang sangat cepat menuntut sebuah media untuk terus berinovasi agar dapat terus bertahan.

“Di era dìsrupsi ini.kita harus jeli melihat zaman dan terus berinovasi. Agar kita tetap relevan dengan zaman”,” paparnya.

Munas IV Jurniscom menghasilkan beberapa keputusan, diantaranya, mempertegas kembali ruh Jurnalislam.com sebagai media Islam yang mengusung nilai-nilai dakwah dan jihad yang modern dan inovatif dengan syariah Islam sebagai landasan utamanya.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.