Seluruh Jaringan Muhammadiyah Disiapkan Siaga Hadapi Virus Corona

Seluruh Jaringan Muhammadiyah Disiapkan Siaga Hadapi Virus Corona

JAKARTA(Jurnalislam.com) — Guna membantu menghadapi virus Corona yang telah dinyatakan positif ada di Indonesia, Ormas Islam Muhammadiyah menyiagakan seluruh jaringannya mulai dari Rumah Sakit, Sekolah, Perguruan Tinggi, hingga Jaringan Kader.

Dipimpin dr  Corona  Rintawan, Pimpinan Pusat Muhammadiyah membentuk “Muhammadiyah Covid-19 Command Center”.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Dr Haedar Nashir beberapa waktu lalu telah menyatakan tentang kesiapan RS Muhammadiyah menangani pasien positif virus corona covid-19.

Kamis malam (5/3), resmi dibentuk “Muhammadiyah Covid-19 Command Center” untuk meningkatkan akselerasi program.

Jumlah Rumah Sakit yang disiapkan bertambah, semula 15 Rumah Sakit bertambah menjadi 20 Rumah Sakit. Programnya meluas menjangkau sekolah, perguruan tinggi dan komunitas untuk edukasi dan pencegahan.

Pembentukan tim ini merupakan tindak lajut dari penugasan kepada Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) dan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) untuk melakukan koordinasi.

Sesuai dengan prosedur standar yang diterapkan, sebelumnya sudah dilakukan persiapan dan simulasi untuk menangani potensi wabah sepert yang dilakukan di  RS PKU Muhammadiyah Surakarta, RS PKU Muhammadiyah Bantul dan beberapa RS Muhammadiyah/Aisyiah di berbagai kota.

“Kami percayakan penanganan virus Corona ini kepada dokter Muhammadiyah yang bernama Corona Rintawan. Bukan hanya karena ada kesamaan nama, tapi beliau memang ahlinya. Beliau spesialis emergency dari RS Muhammadiyah Lamongan yang juga koordinator Emergency Medical Team Muhammadiyah untuk misi internasional,” ujar Ketua PP Muhammadiyah dr Agus Taufiqurrohman, , Jumat (6/3).

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X