Sekjen MUI Tanggapi Ucapan Kiai Said ‘Selain NU Salah Semua’

Sekjen MUI Tanggapi Ucapan Kiai Said ‘Selain NU Salah Semua’

JAKARTA (Jurnalislam.com) – Sekjen MUI Dr. KH Anwar Abbas menanggapi ucapan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj yang berkata selain NU salah semua, beberapa waktu lalu.

Ia atas nama pribadi menyesalkan ucapan KH Said Aqil karena dianggap tidak mencerminkan akal sehat.

“Karena kalau ini juga menjadi sikap NU maka negeri ini akan ada dalam bahaya. Untuk itu saya meminta Said Aqil siradj untuk menarik ucapannya agar negeri ini tidak rusuh karena ucapannya tersebut jelas-jelas sangat mengancam persatuan dan kesatuan umat,” kata Anwar Abbas dalam keterangan yang diterima Jurniscom, Senin (28/1/2019).

Seorang tokoh NU, menurut Anwar Abbas seharusnya berkata bijak karena harus mempersatukan umat, bukan malah memecah belah.

Ia mengisahkan bagaimana dirinya bersama almarhum KH Slamet Effendi Yusuf (Wakil Ketum PBNU) berkawan dekat dan memulai persatuan elemen umat Islam dalam Majelis Ulama Indonesia (MUI).

MUI, kata almarhum Slamet Efendi dikisahkan Anwar Abbas, tidak boleh hanya diisi oleh satu dua ormas saja.

“Tapi dia harus mencerminkan kebhinnekaan umat. Kita harus usahakan agar elemen-elemen umat terwakili dalam MUI ini,” kata Anwar Abbas.

Karenanya, setiap elemen umat ini sejatinya menurut Anwar Abbas saling melengkapi, dan tak boleh satu ormas ingin menguasai semua lini.

Ia pun meyakini apa yang dikatakan Kiai Said merupakan sikap pribadi beliau, bukan sikap resmi NU. Ia mengimbau kepada para tokoh agar selalu menjaga persatuan.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X