Responsive image

Saudi akan Buka Bioskop Pertama 18 April dari 350 Bioskop yang Direncanakan

Saudi akan Buka Bioskop Pertama 18 April dari 350 Bioskop yang Direncanakan

RIYADH (Jurnalislam.com) – Arab Saudi telah mengkonfirmasi pembukaan bioskop pertama di negara itu untuk umum di ibukotanya Riyadh pada 18 April.

Kementerian Informasi Saudi menegaskan bahwa 350 bioskop dengan 2.500 layar diharapkan akan terbuka di beberapa kota Saudi pada tahun 2030, lansir Al Arabiya.

Arab Saudi telah mengumumkan akan membuka 40 bioskop di 15 kota Saudi selama lima tahun ke depan sebagai bagian dari rencana untuk mengembangkan sektor hiburan di Kerajaan.

Otoritas Hiburan Umum Arab Saudi pada hari Rabu (4/4/2018) mengumumkan penandatanganan perjanjian dengan AMC, perusahaan pertama yang memperoleh lisensi untuk mengoperasikan bioskop di Kerajaan.

Saudi akan Gelar Pesta Hiburan yang Belum Pernah Ada Sepanjang Sejarah Kerajaan Arab

Pemberian lisensi diumumkan di sela-sela kunjungan Putra Mahkota Saudi, Mohammed bin Salman, ke kota Los Angeles di Amerika Serikat.

AMC memiliki pasar film terbesar di Amerika Serikat dan merupakan jaringan sinema terbesar di dunia dengan lebih dari 2.200 layar, 244 bioskop di Eropa saja, dan lebih dari 800 layar di 661 bioskop di Amerika.

Arab Saudi telah mengambil langkah-langkah untuk membuka sektor hiburan dan mengembangkan investasi di dalamnya dengan menandatangani perjanjian dengan Six Flags untuk mengembangkan taman rekreasi, serta untuk mengumumkan proyek “Al Qadeya”, kota budaya, olahraga dan hiburan terbesar di Arab Saudi.

Di antara perkembangan sektor hiburan Saudi yang paling penting, keputusan telah dibuat untuk menyediakan bioskop di Kerajaan dengan mengharapkan bergabungnya VOX Cinemas dari UAE, Vu dari Inggris, AMC dari Amerika, dan IMAX dari Kanada.

Juga telah diumumkan rencana mengenai investasi $ 64 miliar di sektor hiburan Saudi selama 10 tahun ke depan, serta mengizinkan perempuan untuk menghadiri konser dan menyiapkan 5.000 acara hiburan pada 2018.

Bagikan
Close X