Sambut Bulan Suci, Umat Islam Bima Adakan Parade Ramadhan

BIMA (Jurnalislam.com) – Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci ramadhan 1436 H,  umat Islam Bima mengadakan Parade Ramadhan, Selasa (16/6/2015). Parade tersebut diikuti oleh FUI Bima, Jamaah Ansharus Syariah, pondok-pondok pesantren, hingga beberapa Sekolah Dasar Islam Terpadu yang ada di Kota Bima.

Ketua Perayaah Hari Besar Islam (PHBI) Kota Bima, H Ahmad S.Ag mengapresiasi kegiatan tersebut. Beliau mengatakan Parade Ramadhan harus dilestarikan.

“Ini adalah sebuah kegiatan yang harus dilestarikan, walaupun untuk pertama kalinya di Bima ini dilakukan dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan,” kata H Ahmad dalam sambutannya.

Lebih lanjut beliau menyampaikan, kegiatan tersebut akan menjadi bahan pertimbangan dalam kegiatan-kegiatan PHBI. "Ini akan menjadi bahan pertimbangan kami dalam rangka menyusun kegiatan-kegiatan selanjutnya, karena kita sadari bahwa kegiatan seperti ini adalah kegiatan untuk menyambut tamu agung kita yaitu bulan Ramadhan," sambungnya.

Beliau juga mengajak umat Islam untuk menjadikan kegiatan tersebut sebagai ajang silaturahmi dan memperkuat ukhuwah. "Mari kita gunakan kesempatan ini juga untuk bersilaturrahim dan memperkuat ukhuwah kita.  Dan ke depannya kita akan upayakan agar kegiatan seperti ini bisa kita maksimalkan lagi," ujarnya.

Sementara itu, ketua MUI Kota Bima, Drs. HM Saleh Ismail dalam tausiyahnya menyampaikan Bulan Ramadhan adalah bulan perjuangan. Berjuang untuk melawan segala sesuatu yang akan mengikuti hawa nafsu.

“Mari kita persiapkan diri kita baik jasmani maupun rohani untuk menghadapi bulan Ramadhan ini, terutama kita beramal dengan sebanyak-banyaknya," tuturnya dalam tausyiah Marhaban ya Ramadhan yang sekaligus menutup acara Parade Ramadhan 1436 H. 

"Kita juga harus menyambut Ramadhan ini dengan tekad yang sungguh-sungguh, kemauan yang sungguh-sungguh sehingga nanti pada saat bulan Ramadhan baik siang ataupun malam harinya kita bisa beramal dengan maksimal," imbuhnya.

Acara yang dimulai pada pukul 16.00 Wita itu berakhir pada pukul 17.30 Wita dengan rute Lapangan Merdeka menuju Masjid Raya Kota Bima.

Reporter : Sirath | Editor : Ally | Jurniscom

 

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.