Rusia: Amerika Lindungi Kelompok Islamic State di Deir ez-Zor

Rusia: Amerika Lindungi Kelompok Islamic State di Deir ez-Zor

SOCHI (Jurnalislam.com) – Rusia pada hari Selasa (14/11/2017) menyalahkan AS karena tidak melakukan serangan udara terhadap pasukan kelompok Islamic State (IS) yang melarikan diri dari kota Abu Kamal di provinsi timur Deir ez-Zor, Suriah.

“Ini adalah bukti yang tak terbantahkan bahwa tidak ada perjuangan melawan terorisme karena seluruh komunitas global percaya,” kata Kementerian Pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan yang diposting di Facebook bersamaan dengan foto-foto, lansir Anadolu Agency.

Kementerian tersebut mengatakan bahwa AS “sebenarnya” menutupi unit IS agar mereka dapat memulihkan kemampuan tempur, memindahkan, dan menggunakannya untuk mempromosikan kepentingan Amerika di Timur Tengah.

Dibantu Milisi Syiah Internasional, Rezim Assad Rebut Benteng Terakhir IS di Suriah

“Amerika dengan jelas menolak melakukan serangan terhadap IS karena ‘militan menyerah secara sukarela’ dan tindakan mereka dinilai sesuai dengan ketentuan Konvensi Jenewa sehubungan dengan Perlakuan terhadap Tahanan Perang.

“Namun, pihak Amerika gagal menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pihak Rusia: mengapa kelompok IS yang meninggalkan Suriah dalam kendaraan tempur dengan persenjataan berat berkumpul kembali di wilayah yang dikuasai koalisi dan bersiap menghadapi serangan baru […],” kata pernyataan tersebut.

“Mengenai Abu Kamal, ini bukan satu-satunya kasus dimana AS melindungi IS,” kata Menteri Luar Negeri Rusia Lavrov seperti dikutip oleh kantor berita resmi Rusia, TASS, Selasa.

Bagikan
Close X