Responsive image
Responsive image
Responsive image

Rusak Akibat Erupsi Semeru, Forum Me-DAN Indonesia Perbaiki Saluran Air Bersih untuk Warga Kamar Kajang

Rusak Akibat Erupsi Semeru, Forum Me-DAN Indonesia Perbaiki Saluran Air Bersih untuk Warga Kamar Kajang

LUMAJANG (Jurnalislam.com) – Salah satu kesulitan warga terdampak erupsi Gunung Semeru adalah sulitnya mendapatkan pasokan air bersih, terlebih bagi warga Kampung Kamar Kajang, Candipuro, Lumajang. Pasalnya, pipa saluran air yang menuju rumah dan tempat ibadah mereka hancur diterjang erupsi Gunung Semeru.

Melihat kondisi tersebut, Forum Medis dan Aksi Kemanusiaan (MeDan) Indonesia bersama tim Pelayanan Masyarakat (Yanmas) Ansharusyariah langsung mendatangi lokasi dan bergotongroyong bersama warga mengganti pipa saluran air sepanjang 200 meter.

“Pipa ini diperuntukan untuk mengalirkan air dari tandon menuju mushala dan sebagian rumah warga. Pipa-pipa ini sebelumnya rusak sehingga tidak berfungsi, karena terkena efek erupsi semeru,” kata Komandan Posko Forum MeDan Indonesia, Yan Aditya usai giat pemasangan pipa saluran air, Sabtu¬† (25/12/2021).

Dia menjelaskan, sumber air bersih Kampung Kamar Kajang berasal dari Gunung Sawur, salah satu bukit di pegunungan Semeru. Pasca musibah erupsi Gunung Semeru 4 Desember lalu, mushala dan sejumlah rumah warga mengaku kesulitan mendapat sumber air bersih.

“Jadi pasca erupsi hingga hari ini, di mushala dan beberapa warga sini belum memiliki sumber air lagi. Alhamdulillah sekarang sudah tersedia lagi,” tutur Yan.

Relawan Forum MeDan memperbaiki saluran air bersih di Kampung Kamar Kajang, Candipuro, Lumajang, Sabtu (25/12/2021). Foto: Damus

Salah seorang warga Kampung Kamar Kajang, Saman (70) mengaku gembira atas giat relawan Forum MeDan tersebut.

“Saya senang dengan kedatangan relawan kesini, Kepada seluruh relawan yang telah membantu memperbaiki pipa di kampung kami, saya ucapkan terimakasih banyak. Saluran pipa ini sangat bermanfaat bagi kami” ungkapnya.

Pada hari yang sama, tim Forum MeDan juga melakukan giat membersihkan rumah warga di Dusun Kebondeli.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close X