Rumah Sakit Penuh, Menkes Mohon Pasien OTG Isolasi Mandiri di Rumah

Rumah Sakit Penuh, Menkes Mohon Pasien OTG Isolasi Mandiri di Rumah

JAKARTA(Jurnalislam.com) Menteri Kesehatan Budi Gunadi meminta pasien positif infeksi virus corona yang termasuk Orang Tanpa Gejala (OTG) untuk isolasi mandiri di rumah masing-masing, karena Rumah Sakit (RS) penuh.

Budi menyampaikan Indonesia sedang menghadapi lonjakan kasus positif Covid-19 pascaliburan akhir tahun. Ia menyebut kapasitas tempat tidur di rumah sakit tidak akan cukup menampung seluruh pasien Covid-19.

“Tolong bapak ibu, kalau misalnya bapak ibu tidak demam dan tidak sesak napas, itu masih bisa dilakukan isolasi mandiri. Kalau bapak ibu punya rumah sendiri, punya kamar sendiri, lakukan di rumah,” kata Budi dalam jumpa pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (11/1).

Kendati begitu Mantan Dirut Bank Mandiri itu berkata, pemerintah juga akan mengusahakan penyediaan lokasi isolasi baru bagi pasien Covid-19. Ia meminta pemerintah daerah menyiapkan wisma, asrama haji, atau hotel untuk menampung OTG Covid-19.

Budi juga memastikan pelayanan kesehatan tetap diberikan meski OTG Covid-19 isolasi mandiri. Ia akan berusaha agar dokter bisa tetap memantau pemulihan pasien.

“Nanti kami buatkan mekanismenya agar tetap dimonitor dokter-dokter, baik melalui telepon maupun telemedicine,” ujar dia.

Budi pun menyampaikan, langkah ini harus ditempuh karena keterbatasan fasilitas pelayanan kesehatan. Ia menyebut jumlah ketersediaan tempat tidur seharusnya 30 persen dari jumlah kasus aktif.

Sumber: cnnindonesia

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X