Ribuan Masyarakat Surabaya Turun Ke Jalan Ikuti Aksi Peduli Rohingya

Ribuan Masyarakat Surabaya Turun Ke Jalan Ikuti Aksi Peduli Rohingya

SURABAYA (Jurnalislam.com) – Ribuan masyarakat Surabaya mengikuti aksi peduli Muslim Rohingya di depan Gedung Grahadi, Surabaya, Selasa (5/9/2017).

Aksi yang diikuti oleh masyarakat, Tokoh Lintas Agama, KNPI, Ormas, OKP, Komunnas SOS, Organisasi Wanita, pelajar itu tergabung dalam Komite Aksi Kemanusiaan Surabaya Untuk Rohingya.

Mereka menyampaikan beberapa tuntutan yang tertuang dalam pernyataan sikap terkait kondisi muslim Rohingya di Rakhine yang kian memprihatinkan.

  1. Mendesak Pemerintah Bangladesh untuk membuka perbatasan demi alasan kemanusraan. sehingga memungkinkan etnis Rohingya menyelamatkan diri dari persekusi pemenntah Myanmar.
  2. Mendesak ASEAN untuk menekan Myanmar agar menghentikan praktik genosida terhadap etnis Rohingya. Bila daIam waktu yang dipandang cukup hal tersebut tidak dilakukan oleh Myanmar. maka wajar bagi ASEAN untuk mempertimbangkan pembekuan keanggotaan negara tersebut dl ASEAN.
  3. Mendesak Komite Hadiah Nobel untuk mencabut Penghargaan Nobel Perdamaran bagi Aung San Suu Kyi salah seorang pemimpin terkemuka Myanmar yang alih-alih tidak menunjukkan kesungguhan untuk mengakhiri tragedi kemanusman di Myanmar. justru memperburuk keadaan.
  4. Mendesak Mahkamah Kejahatan Intemasional (International Criminal Court ICC) untuk mengadili pihak-pihak yang bertanggung jawab atas praktik genosida torhadap etnis Rohingya di Myanmar.
  5. Meminta Pemerintah Republik Indonesia untuk mengusir duta besar Myanmar dari bumi Indonesia, yang nyata-nyata sampai saat ini belum ada itikad baik untuk menjembatani menyelesaikan konflik di Rohingya.
  6. Mengajak seIuruh elemen masyarakat, Ormas, organisasi kepemudaan dan masyarakat lndonesra lainnya untuk melakukan aksi solidaritas kemanusiaan dan misi bantuan kemanusiaan terhadap saudara-saudara kita etnis Rohingya dengan tentu saja dengan kesadaran agar konflik geopolitik di Myanmar itu tidak merembet ke negeri kita.

Demikian pernyataan sikap sebagai respon terhadap perkembangan terkini di Rohingya Myanmar yang dampaknya berpotensi mengancam situasi keamanan dan stabilitas di kawasan Asia Tenggara. Akhirnya kami mengutuk keras tragedi kemanusian terhadap saudara saudara klta etnis Rohingya di Myanmar sekaligus mengajak kita semua untuk menyatukan hati, tekad, untuk bersama-sama satu tujuan untuk Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Ribuan pelajar Surabaya mengikuti aksi peduli Rohingya
Ribuan pelajar Surabaya mengikuti aksi peduli Rohingya
Surabaya peduli Rohingya
Bagikan
Close X