Rezim Syiah Suriah Kembali Serang Warga Ghouta Timur dengan Gas Beracun

Rezim Syiah Suriah Kembali Serang Warga Ghouta Timur dengan Gas Beracun

GHOUTA TIMUR (Jurnalislam.com) – Rezim Nushairiyah Assad pada hari Kamis (1/2/2018) menyerang daerah pemukiman Damaskus dengan gas klorin, menurut Helm Putih (White Helmets), sebuah badan pertahanan sipil pro-oposisi Suriah.

Sejumlah warga sipil, termasuk anak-anak, terluka dalam serangan tersebut, yang menargetkan kota Duma yang dikuasai oposisi di distrik Ghouta Timur, kata pejabat White Helmets, lansir Anadolu Agency.

Bulan lalu, rezim Syiah Assad menargetkan bagian perumahan Duma dengan gas klorin, yang menyebabkan banyak korban sipil.

Rezim Syiah Assad Kembali Gunakan Gas Klorin di Ghouta Timur

Dalam sebuah laporan tahunan yang baru dirilis, White Helmets mengatakan bahwa sebanyak 1.337 warga sipil telah terbunuh di Ghouta Timur tahun lalu akibat serangan pasukan rezim Syiah Assad yang berlanjut terus menerus.

Rumah bagi sekitar 400.000 penduduk, Ghouta Timur, di pinggiran kota Damaskus, tetap berada di bawah pengepungan rezim yang memblokade selama lima tahun terakhir.

Dua Faksi Revolusi Suriah Amankan Akses Jurnalis Internasional untuk Liput Korban Gas Klorin

Selama delapan bulan terakhir, rezim Syiah Assad telah meningkatkan pengepungannya terhadap Ghouta Timur, mencegah pengiriman makanan atau obat ke distrik tersebut dan menyebabkan ratusan pasien kehilangan perawatan medis.

Ghouta Timur secara khusus berada dalam jaringan zona de-eskalasi – didukung oleh Turki, Rusia dan Iran – di mana seharusnya tindakan agresi dilarang secara eksplisit.

Bagikan
Close X