Resmikan Masjid Hagia Sophia, PM Pakistan: Selamat untuk Turki dan Erdogan

Resmikan Masjid Hagia Sophia, PM Pakistan: Selamat untuk Turki dan Erdogan

PAKISTAN(Jurnalislam.com)- Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan memuji pembukaan kembali Hagia Sophia sebagai masjid. Hagia Sophia kembali dibuka sebagai masjid pada hari Jumat lalu, yang ditandai dengan salat Jumaat berjamaah yang dihadiri ribuan orang.

“Ucapan selamat kepada Turki, dan Presiden Recep Tayyip Erdogan pada hari bersejarah ini setelah salat pertama dalam 86 tahun di Masjid Hagia Sophia,” kata Khan dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Anadolu Agency pada Ahad (26/7/2020).

Selain Khan, beberapa politisi dan anggota parlemen Pakistan lainnya, termasuk ketua partai Jamaah-e-Islami, Sirajul Haq dan Ketua Menteri provinsi Punja, Usman Buzdar juga memberi selamat kepada pemerintah Turki atas langkah penting tersebut.

Ribuan orang mengambil bagian dalam salat Jumat di dalam dan di luar masjid bersejarah di Istanbul, kota metropolis terbesar di Turki. Sebelum salat Jumat, Erdogan membaca Al-Quran di dalam masjid yang dibuka kembali, memilih dari Surat Al-Fatihah dan Surat Al-Baqarah.

Pengadilan Turki bulan ini mengumumkan mencabut status Hagia Sophia sebagai museum. Erdogan segera mendeklarasikan gedung itu telah kembali menjadi masjid.

Hagia Sophia merupakan katedral Bizantium Kristen selama 900 tahun sebelum dikuasai kesultanan Ottoman dan mengubahnya menjadi masjid hingga 1934.

Sumber: sindonews.com

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X