Ratusan Santri Ponpes Al Mukmin Ngurki Gela Aksi Bersih ‘Go Green Karnaval’

Ratusan Santri Ponpes Al Mukmin Ngurki Gela Aksi Bersih ‘Go Green Karnaval’

SUKOHARJO (Jurnalislam.com)- Sebanyak 313 santri Pondok Pesantren Islam Al Mukmin, Ngruki, Sukoharjo melakukan aksi bersih bersih bertajuk ‘Go Green Carnaval’ di kawasan jalan Ir Soekarno, Sukoharjo pada Ahad, (31/7/2022).

Aksi bersih bersih dimulai sekitar pukul 09.00 WIB dari Patung Ir Soekarno hingga Patung Pandawa, Solo Baru yang berjarak sekitar 2 KM. Para santri turun ke jalan untuk membersihkan tempat yang kotor dengan sapu lidi, kemudian mengumpulkan sampat yang kemudian diangkut dengan truck sampah menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Menurut ketua panitia, Ustaz Nurdin Urbayani, kegiatan Go Green tersebut merupakan rangkaian acara menyambut setengah abad Pondok Pesantren Al Mukmin Sukoharjo yang bekerjasama dengan Ikatan Alumni Pondok Pesantren Islam Al Mukmin (Ikappim) Ngruki.

“Dalam rangka setengah abad pondok ngruki, bekerjasama dengan Ikappim mulai dari kemarin pembukaan lomba pidato baca kitab, dan hari ini kita mengadakan go green carnaval ini untuk membuktikan bahwa Alumni Pondok Ngruki yayasannya dan pondok pesantrennya peduli akan lingkungan,” katanya kepada jurnis.com di sela sela kegiatan Go Green.

“Kita mulai dari kampung sekitar, sampai pada CFD hari ini, dan kita kerjasama dengan ibu Bupati, Pemkab Sukoharjo untuk mengadakan ini dan alhamdulillah semua suport dari pemerintah kabupaten Sukoharjo ini sangat membantu sekali,” imbuhnya.

Lebih lanjut ustaz Nurdin menjelaskan bahwa Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki ingin terus berupaya membantu umat dan masyarakat khususnya di wilayah Sukoharjo sebagaimana tema yang diambil dalam momen setengah abad yakni ‘Khidmat Pondok Ngruki Untuk Negeri’.

“Alhamdulillah di Al Mukmin alumninya sudah ada 16 ribu, menyebar di seluruh dunia 28 persen adalah ustadz, 27 persen adalah pengusaha, 7 persennya adalah ASN, TNI, Polri termasuk dokter dan profesi yang lain dan sisanya itu rumah tangga dan pelajar,” ujarnya.

“Kita ingin mengatakan bahwa Al Mukmin adalah bagian dari masyarakat,kita ingin menjaga lingkungan sebaik mungkin, kita tunjukan kepada masyarakat bahwa Al Mukmin Pondok Ngruki juga peduli dengan lingkungan, kita jaga sama sama ini Sukoharjo dengan baik, kebersihannya, ketentramannya dan tentu kemakmurannya,” pungkasnya.

Dalam kegiatan Go Green Carnival tersebut, turut hadir Bupati Sukoharjo Etik Suryani dan sejumlah pejabat yang terkait. Pemkab Sukoharjo juga memberikan bantuan berupa 200 bibit pohon.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close X