Rahasia Besar di Balik Zikir

Rahasia Besar di Balik Zikir

JURNALISLAM.COM —Setelah kita bahwa hati membutuhkan nutrisi, dan nutrisi itu adalah zikir, maka zikir memiliki manfaat yang begitu besar bagi hati.

Alkisah, seseorang menemui Hasan Al-Bashri Rahimahullah, dan berkata, “Aku mengadukan kerasnya hati ini, kepadamu.”, Hasan Al-Bashri Rahimahullah menjawab, “Lunakkan ia (hati yang keras) dengan zikir!”

Makhul bertutur, “Mengingat Allah itu obat, sedangkan mengingat manusia itu penyakit.”

Seseorang bertanya kepada Salman, “Amal apakah yang utama?” Ia menjawab, ‘Tidakkah engkau baca ayat Al Qur‘an ,

Perumpamaan orang yang berzikir kepada Allah dengan yang tidak berzikir itu seperti orang yang hidup dengan orang yang mati.

Abdullah bin Busr meriwayatkan, Seseorang bertanya, “Wahai Rasulullah, Sesungguhnya pintu kebajikan itu banyak. Sedangkan aku tidak mampu untuk memasuki semuanya. Maka, tunjukkanlah kepadaku-terserah kepadamu-mana-mana yang aku mampu memasukinya dan jangan banyak-banyak, sebab aku bisa lupa!” Rasulullah menjawab,  “Pastikan lisanmu selalu basah dengan zikrullah!”

Berzikir secara konsisten berarti memperbanyak usaha untuk selalu menyaksikan Hari Akhir.

Juga akan membuat seorang hamba sibuk, sehingga tidak sempat mengucapkan kata-kata yang batil seperti; ghibah, namimah (mengadu domba) dan lain sebagainya.

Sesungguhnya lisan itu ada dua saja; pezikir dan pembicaraan yang tidak ada faidahnya. Barangsiapa dibukakan baginya pintu zikir, maka telah dibukakan baginya pintu menuju Allah.

Maka hendaknya segera bersuci dan segera menuju kepada Allah subhaanahu wata’ala, untuk mendapatkan apa yang dikehendakinya di sisiNya.

Sesungguhnya jika seseorang telah “mendapatkan” Rabbnya, berarti ia telah mendapatkan segala sesuatu. Sebaliknya, jika ia “kehilangan” Rabbnya, berarti ia kehilangan segala-galanya.

Dan untuk mendapatkannya adalah dengan berzikir…

 

(ditulis oleh Riyanto, disarikan dari buku Tazkiyyatun nufus, watarbiyatuha, kama yuqarriruhu ‘ulamaa’ussalaaf’)

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.