Qatar Pastikan Tahun Depan Bantuan Untuk Gaza Berlanjut

Qatar Pastikan Tahun Depan Bantuan Untuk Gaza Berlanjut

DOHA (Jurnalislam.com) – Pemerintah Qatar menegaskan, akan terus memberikan bantuan kemanusiaan untuk Jalur Gaza ke tahun depan, sebagaimana dilansir Reuters, Rabu (18/12/2019).

Sejak perang Gaza terakhir, pada tahun 2014, melalui persetujuan Israel,  Qatar telah memberikan lebih dari $ 1 miliar dana rekonstruksi dan tunjangan untuk rakyat Palestina. Bantuan tersebut telah membantu Doha memenangkan bantuan di Washington meskipun ada ketegangan diplomatik Qatar-Saudi.

Utusan Qatar Mohammed Al-Emadi mengunjungi Gaza minggu ini untuk mengawasi sumbangan 22 truk pemadam kebakaran dan kendaraan darurat lainnya dan mendiskusikan proyek energi dan kesehatan baru yang diusulkan.

“Untuk kuartal pertama tahun ini kami melanjutkan, ini sudah pasti. Untuk sisa tahun ini, saya pikir kami akan melanjutkan, kami melihat dengan seksama dan positif tentang masalah ini,” kata Emadi kepada Reuters ketika ditanya tentang bantuan Qatar untuk Rakyat Palestina di masa depan.

Dalam upaya untuk meringankan kesulitan ekonomi dan membantu meredakan ketegangan di sepanjang perbatasan dengan Israel, Qatar menyediakan lebih dari $ 150 juta pada tahun 2019 untuk membeli bahan bakar untuk pembangkit listrik tunggal Gaza dan memberikan bantuan tunai bulanan kepada hampir 70.000 orang yang membutuhkan.

Emadi mengatakan, pimpinan Hamas, Ismail Haniyeh mengunjungi Qatar minggu ini dan telah meminta perpanjangan bantuan keuangan hingga 2020.

“Setelah Maret ada peluang besar kami akan melanjutkan dukungan bulanan ini untuk listrik dan orang miskin,” kata Emadi.

Qatar tidak memiliki hubungan formal dengan Israel, yang tidak menyetujui hubungan negara Teluk dengan Iran dan Hamas. Tetapi para pejabat Israel secara pribadi menyambut pemberian Qatar di Gaza, melihat cara untuk mencegah krisis kemanusiaan bahkan jika uang itu membantu Hamas mempertahankan kekuasaannya atas jalur yang diblokade.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X