Puluhan Aktifis HMI Jember Desak Jokowi Pecat Saut

Puluhan Aktifis HMI Jember Desak Jokowi Pecat Saut

JEMBER (Jurnalislam.com) – Puluhan aktifis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Jember pada Senin, (09/05/2016) berunjul rasa menuntut Komisioner KPK, Saut Situmorang lengser. Mereka mengawali aksinya dengan melakukan longmarch menyusuri sejumlah jalur protokol di Kota Jember. Sambil berjalan kaki dan membawa sejumlah poster, para mahasiswa tak henti-hentinya meneriakkan yel-yel anti Saut.

Mereka juga terlihat mengusung keranda mayat berisi foto Saut Situmorang. Aksi longmarch berakhir di kantor DPRD Jember dan dilanjutkan dengan orasi secara bergantian. Dalam orasinya para mahasiswa menuntut agar Presiden Jokowi melengserkan Saut Situmorang karena komentarnya di salah satu media beberapa waktu lalu.

“Saut sebagai pejabat publik melecehkan HMI, HMI adalah organisasi pencetak kader-kader profesional bukan kader yang mencetak kader korupsi,” pekik Yogi Pratama salah satu orator.

Mahasiswa Universitas Negeri Jember itu juga menyebut Saut tidak mencerminkan pejabat publik karena pernyataannya terkait HMI yang dinilai tendensius.

‘Kami adalah kader yang berjiwa Islam, dan Situmorang sangat tendensius, dan tak pantas dilakukan sebagai pejabat publik,” tambahnya.

Usai melakukan orasi dan teatrikal, demonstran mulai bringas dengan membakar keranda mayat dan foto Saut Situmorang, aksi dikawal ketat oleh pihak kepolisian berseragam lengkap.

Kontributor: Budi | Editor: Ally Muhammad Abduh | Jurnalislam

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.