Responsive image
Responsive image
Responsive image

Puasanya Para Kaum Elite

Puasanya Para Kaum Elite
Mendengar kata elite apa yang tergambar dalam pikiran kita? Petinggi, atau kumpulan orang orang terbaik. Di bulan Ramadhan ini banyak orang berlomba lomba meningkatkan amal ibadahnya serta menjauhi laranganNya. Namun ada sebagian dari kita yang berpuasa hanya sekedar puasa, tidak melakukan amal ibadah lainnya bahkan Nabi mengatakan puasanya tergolong sia sia.
Rasulullah bersabda : “Berpuasa bukanlah hanya sekedar menahan diri dari makan dan minum, akan tetapi mencegah diri dari segala perbuatan sia sia serta menjauhi perbuatan yang kotor dan keji.”
(HR Al Hakim). Sangat jelas yang Rasul katakan bahwa puasa tidak hanya menahan diri makan dan minum tetapi juga bisa mengendalikan diri dari hawa nafsu serta perbuatan munkar.
Imam Ghazali membagi 3 golongan orang yang berpuasa, siapa sajakah itu?
1. Golongan pertama adalah puasanya orang awam(biasa). Yaitu orang yang berpuasa, tidak makan tidak minum tidak melakukan hubungan suami istri hanya itu saja. Tetapi masih melakukan perbuatan buruk lainnya seperti berbohong, berghibah, bahkan tidak membaca Al Qur’an dan melakukan sholat.
2. Golongan kedua adalah puasanya orang khusus (spesial). Yaitu orang yang berpuasa menahan diri dari makan dan minum serta perbuatan dosa lainnya yang membatalkan puasa. Melakukan amal ibadah baik wajib maupun sunnah yang menambah pahala.
3. Golongan ketiga adalah puasanya orang istimewa (elite). Yaitu orang yang tidak hanya berpuasa namun benar benar bisa mengistiqomahkan hatinya untuk akhirat. Tidak memikirkan harta dan kesenangan dunia. Hati dan pikirannya ikut berpuasa karena islam,iman dan ihsan.
Namun realitanya masih banyak orang yang berpuasa di golongan pertama, yang termasuk berpuasa sia sia tidak mendapatkan apa apa. Lalu diurutan berapakah kita dalam golongan tersebut? Semoga kita bisa mencapai termasuk golongan ketiga. Aamiin.[*Rahmi Anggita/ Komunitas Muslimah Batam
Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close X