Protes Sukmawati, Budayawan Muslim Solo Gelar Aksi Baca Puisi di Patung Soekarno

Protes Sukmawati, Budayawan Muslim Solo Gelar Aksi Baca Puisi di Patung Soekarno

SOLO (Jurnalislam.com) – Budayawan Muslim Soloraya melakukan ‘Malam Keprihatinan Budaya dan Doa Bersama’ di depan Patung Ir Soekarno Komplek Stadiun Manahan, Solo, Selasa, (3/4/2018) malam. Aksi tersebut sebagai bentuk protes terhadap puisi berjudul ‘Ibu Indonesia’ dari Sukmawati Soekarnoputri.

Secara bergantian, sekitar 50 budayawan dalam acara tersebut membacakan puisi tentang kekecewaan mereka atas putri proklamator RI itu.

“Dan ternyata isinya, banyak hal yang menyinggung dan bisa kita katakan mengandung SARA karena terkait dengan akidah dan budaya dari salah satu agama,” kata Korlap Aksi Dadyo Hasto kepada Jurnalislam.com di sela-sela aksi.

Menurutnya, budaya adalah hasil karya manusia yang seharusnya tidak dijadikan untuk menyerang kelompok, golongan, Ras, Suku maupun agama tertentu.

“Budaya apapun itu, keindahan apabila sudah menyinggung sebuah agama maupun norma sosial saya kira itu sebuah budaya yang kurang tepat,” paparnya.

Oleh sebab itu, Hasto berharap apa yang disampaikan ibu Sukmawati menjadi pelajaran buat kita semua bahwa ajaran agama manapun harusnya kita hormati dan hargai.

“Bukan kemudian malah dibandingkan dengan sebuah budaya tradisi yang semata mata bisa kita ibaratkan merendahkan arti sebuah ajaran agama,” tandasnya.

Bagikan
Close X