Produk Halal Indonesia Berpeluang Tembus Pasar Eropa

Produk Halal Indonesia Berpeluang Tembus Pasar Eropa

JAKARTA (Jurnalislam.com) —  Kesempatan Indonesia untuk mengekspor berbagai produk halal semakin terbuka.

Tetapi, tujuan ekspornya perlu diperhatikan. Ekonom Institute for Development of Economic and Finance (Indef) Andry Satrio Nugroho menjelaskan, pasar industri halal di Eropa memang ada.

Akan tetapi, tidak sebesar di Afrika dan Timur Tengah.

“Ini kalau kita lihat, setidaknya ada enam negara atau daerah (sekitar Eropa) yang mayoritas Muslim pendu duknya, yakni Turki, Azerbaijan, Kazakh stan, Albania, Bosnia, dan Kosovo. Kita melihat, dari negara-negara tersebut masih belum ada perjanjian perdagang an bilateral dengan Indonesia yang cukup masif kecuali Turki,” jelas Andri.

Meski begitu, kata dia, bila dilihat dari jumlah, walau bukan mayoritas, Jerman justru yang mempunyai penduduk Muslim terbesar, lalu Prancis, disusul Inggris. Negara-negara itu diisi oleh para imigran Muslim.

“Jadi, saya rasa ini pasar yang perlu digarap tentunya melalui bantuan pe merintah. Ini dipermudah karena nega ra-negara tersebut sudah memiliki perjanjian perdagangan dengan Indonesia,” ujar Andry.

PT Sentra Food Indonesia Tbk (SFI) berencana mulai menjajaki ekspor ke pasar Eropa tahun ini.

“Pasar Eropa cu kup potensial bagi bisnis perusahaan. hal itu karena sekarang di seluruh Ero pa, penduduk Muslim-nya sudah sekitar 70 juta. Sedangkan, produk kita sudah halal semua, sehingga pas,” ujar Pre siden Direktur SFI Agustus Sani Nu groho.

Sebelumnya, jumlah populasi Mus lim di Eropa memang diproyeksikan meningkat.

Salah satu penyebabnya adalah adanya pengungsi dari Suriah  yang menyebabkan para penduduknya melarikan diri dan masuk ke negara-negara Eropa.

sumber: republika.co.id

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X