PP Persis Dukung Muhammadiyah Ungkap Kasus Siyono

JAKARTA (Jurnalislam.com) – Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat Persatuan Islam (PP Persis), Dr Jeje Zaenududin mengapresiasi upaya PP Muhammadiyah mengungkap misteri kematian Siyono serta memperjuangkan keadilan bagi keluarganya.

“Kami juga mendukung agar Muhammadiyah menjadi lokomotif ormas Islam dalam mengawal dan mengawasi operasi Densus 88 di kemudian hari agar tidak lagi kejadian-kejadian buruk seperti itu,” kata ustadz Jeje kepada Jurnalislam, Sabtu (9/4/2016).

Ustadz Jeje menjelaskan, pada prinsipnya, seluruh umat Islam Indonesia melalui ormas-ormas mainstream mendukung pemberantasan terorisme di Indonesia baik itu yang dilakukan oleh pihak Muslim maupun non Muslim.

“Namun dengan syarat, tidak ada diskriminasi dan pelanggaran HAM sebagaimana yang diamanatkan dalam Perpu No 1 tahun 2002 yang kemudian disahkan menjadi UU berdasarkan UU No. 13 tahun 2003 dan UU No.9 Tahun 2013,” jelasnya.

Sebab, penindakan tindak pidana terorisme dalam praktenya telah banyak menyimpang dari prosedur bakunya, bahkan berulang kali melanggar kaidah-kaidah HAM itu sendiri.

“Sehingga pemberantasan tindak pidana terorisme oleh Densus 88 lebih banyak menimbulkan antipati, kecurigaan dan kebencian di kalangan masyarakat muslim, terutama keluarga korban operasi Densus 88, daripada menumbuhkan simpati dan dukungan,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Fajar | Editor: Ally Muhammad Abduh | Jurnalislam

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.