Politisi Milenial Muslim Ajak Generasi Muda Melek Politik

Politisi Milenial Muslim Ajak Generasi Muda Melek Politik

JAKARTA (Jurnalislam.com) – Pemilu 2019 tinggal 2 bulan lagi. Pada pemilu tahun ini, kalangan milenial menjadi mayoritas . Sedangkan, diantara konstituen politik di Indonesia yang agak jarang memperoleh ekspose dalam pembicaraan politik adalah kelompok milenial muslim.

Menanggapi hal tersebut, politisi milenial muslim, Agastya Harjunadhi menilai Indonesia sebagai mayoritas berpenduduk muslim memiliki 80% dari 90 juta milenial. Maka dari hasil tersebut populasi milenial muslim mencapai 72 juta jiwa.

“Jumlah ini sangat cukup untuk meloloskan setidaknya 9-10 partai politik dalam batas Parliamentary Threshold 4%, merujuk DPT Pemilu 2019 menurut KPU adalah 185 juta jiwa,” katanya saat dihubungi Jurniscom, Sabtu (16/2/2019).

Pria yang juga menjabat sebagai Co-founder Islamic Leadership Academy menjelaskan, karakter fitrah anak muda umumnya adalah kritis, dinamis, proaktif/antusias, dan idealis. Karakter itulah yang menggiring jiwa mereka untuk tak pernah puas dalam melakukan yang terbaik.

Sedangkan dalam hal politik, lanjutnya, umumnya gerakan anak muda ini memberikan edukasi pentingnya milenial untuk aktif dan partisipatif dalam pemilu.

“Karena pemilu adalah proses politik dalam memilih pemimpin. Agama mengajarkan bahwa penting memilih pemimpin yang kuat, cerdas, dan amanah. Karena pemimpin akan memegang kendali, kuasa dan kebijakan hajat hidup orang banyak. Jika tidak amanah, tak mungkin tercipta kehidupan yang baik bukan,” ujarnya.

Pasalnya, sikap amanah dalam memimpin, serta mengerjakan tugas, inilah yang secara kokoh diajarkan dan dibina dalam agama yang diikuti oleh banyak milenial muslim.

“Sehingga agama pasti menjadi panduan atas preferensi politik mereka demi terwujud wakil rakyat/pemimpin yang membawa banyak kemaslahatan bagi ummat,” pungkasnya.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X